Rafael saat dijumpai di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).
Rafael saat dijumpai di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020). ( KOMPAS.com)

Tak Fasih Berbahasa Korea, Rafael Tan Ungkap Sikap Idol Kpop Selama Syuting

21 November 2020 11:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Penyanyi Rafael Tan belum lama ini terbang ke Korea Selatan untuk syuting sebagai host reality show Good Friends.

Dalam program kerja sama dengan SBS Korea itu, Rafael yang berkesempatan bertemu sejumlah idol Kpop yang menjadi bintang tamu.

Menurut Rafael, para idol Kpop yang tak disebutkan secara spesifik itu sungguh ramah dan seru walau baru pertama bertemu.

Begitupun ketika eks personel SMASH ini tak bisa leluasa berkomunikasi dalam bahasa Korea.

"Meskipun aku kendalanya bahasa, ketika aku main games sama mereka, meskipun aku enggak tahu mereka ngomong apa tapi aku kayak bisa aja ikut main games. Jadi itu serunya sih, enggak ada gap di mereka," kata Rafael Tan saat konferensi pers virtual, Jumat (20/11/2020).

Para idol Kpop tersebut memaklumi Rafael yang belum bisa lancar berbicara bahasa mereka sehingga berkomunikasi dengan cara alternatif.

"Terbantu juga aku karena mereka tahu aku enggak bisa bahasa Korea, jadi kami kadang-kadang pakai bahasa tubuh," ujar Rafael yang lalu mencoba memperagakan interaksinya dengan idol.

Menurut Rafael, sejumlah idol yang syuting bersama di program tersebut interaksinya tidak dibatasi banyak aturan dari manajemen. 

Seperti diketahui, agensi Korea terkenal ketat menjaga aktivitas idolnya.

"Yang berlanjut ngobrol intens enggak ada sih, cuma kita ada beberapa yang follow-follow-an (Instagram)," ucap Rafael Tan.

Good Friends menampilkan perbedaan budaya antara Indonesia dan Korea, tayang setiap Minggu pukul 09.00 WIB di Net TV. 

Selain Rafael, program ini juga dipandu YouTuber Jang Hansol, Han Yoora, Kevin Hermanto, dan Bianca Kartika.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Fasih Bahasa Korea, Rafael Tan Ungkap Sikap Idol Kpop Selama Syuting", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2020/11/20/210650666/tak-fasih-bahasa-korea-rafael-tan-ungkap-sikap-idol-kpop-selama-syuting.

SumberKOMPAS.com
PenulisAnas Fadly
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm