Honda BR-V saat melewati turunan terjal di Wisata Batu Lawang, Cirebon, Jawa Barat. (Kompas.com/Dio)
Honda BR-V saat melewati turunan terjal di Wisata Batu Lawang, Cirebon, Jawa Barat. (Kompas.com/Dio) ( kompas.com)

Bahaya Dan Mengancam Keselamatan, Jangan Injak Rem Terus-menerus Di Jalan Menurun!

22 November 2020 17:09 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Rem merupakan komponen yang sangat dibutuhkan ketika berkendara di jalan menurun. Tapi bukan berarti harus digunakan secara terus menerus.

Yos Sudarso Suparman sebagai Kepala Bengkel Auto2000 mengatakan, penggunaan rem secara terus menerus dalam waktu lama bisa menyebabkan rem panas, dan menurunkan perfoma bisa yang berakibat rem blong. Kondisi seperti itu tentu saja berbahaya dan mengancam keselamatan.

“Pengemudi sebaiknya menggunakan transmisi rendah saat melintas jalan menurun, seperti gigi 1 untuk mobil manual, atau L,2 atau 3 bagi mobil matik. Tujuannya agar laju mobil ikut tertahan oleh putaran mesin,” ujar Suparman belum lama ini kepada Kompas.com.

"Kalau memang harus mengerem, injak yang dalam, kemudian lepas. Jangan diinjak terus menerus," tambah Suparman.

Sementara itu, ditambahkan Didi Ahadi sebagai Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) , selain perawatan kendaraan, cara mengemudi yang salah juga bisa menyebabkan rem blong saat rute menurun. Hal ini ditujukan ke para pengemudi bertransmisi matik.

“Sering ditemui pengendara mobil matik yang tidak memindahkan tuas transmisi saat melewati rute menurun. Mereka tetap memasang di tuas posisi (D). Berbeda dengan pengendara mobil bertransmisi manual yang biasanya langsung memindahkan tua ke posisi gigi rendah,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (21/11/2020).

Dikatakan Didi, tidak dipindahkannya tuas transmisi dari D bisa membuat mobil matik hanya mengandalkan rem saat mengarungi rute menurun. Kondisi ini yang bisa memicu mendidihnya minyak rem (overheating), sehingga menimbulkan butiran air yang berdampak terhadap rem blong.

“Apabila turunan panjang hanya mengandalkan rem, rem akan panas dan bisa membuat minyak rem mendidi sehingga terjadi efek rem blong atau dikenal dengan istilah vapor lock,” kata Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Injak Rem Terus-menerus di Jalan Menurun, Bahaya!", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/22/102100015/jangan-injak-rem-terus-menerus-di-jalan-menurun-bahaya-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm