Ilustrasi menghilangkan mata nanas.
Ilustrasi menghilangkan mata nanas. ( SHUTTERSTOCK/LOVELYPEACE)

Lebih Segar Dan Ekonomis Berikut Cara Memotong Buah Nanas Yang utuh

23 November 2020 09:26 WIB

SonoraBangka.id - Buah nanas bisa dibeli di pasaran dalam keadaan sudah dikupas hingga sudah dalam bentuk potongan. Buah nanas juga paling enak disantap segar sendiri atau pun dibuat rujak buah. Jika kamu tidak menemukan nanas dalam bentuk potongan,kamu tetap bisa menikmati nanas dan memotong sendiri nanas utuh yang dibeli. Memotong nanas utuh tidaklah sulit, nanas akan lebih segar dan lebih ekonomis tentunya. Cukup siapkan pisau yang tajam dan talenan. Pastikan juga nanas utuh yang kamu pilih adalah nanas matang yang manis, sebab nanas bukanlah buah yang terus matang setelah dipetik.

Ciri-ciri nanas matang

Nanas akan berubah warna lebih keemasan dan lebih lembut tetapi rasa manisnya tidak akan bertambah, dilansir dari Simply Recipes. Nanas matang bisa dilihat dari ciri-ciri aroma manis segar yang tercium dari pangkalnya. Jika tidak berbau, mungkin belum matang. Jika baunya asam seperti hasil fermentasi, artinya sudah terlalu matang. Nanas bisa berwarna hijau, keemasan, atau campuran, tidak masalah karena yang terpenting adalah aromanya. Pilih pula nanas yang memiliki bentuk "mata" merata di kulit. Cari yang sebagian besar berwarna kuning. Setelah dibeli, segera makan nanas tetapi jika diperlukan kamu bisa menyimpan nanas di kulkas agar tahan lama. Potongan nanas taruh di dalam wadah kedap udara dan akan tahan hingga seminggu di dalam kulkas, seperti dilansir dari The Kitchn.

Cara memotong nanas

  1. Potong mahkota nanas dan sekitar 1,2 sentimeter bagian atas nanas. Potong pula 1,2 sentimeter bagian bawah nanas. Letakkan nanas dalam posisi berdiri, kemudian dengan hati-hati kupas kulit nanas dari atas ke bawah setipis mungkin. Bagian nanas yang paling manis dan paling segar biasanya berada tepat di paling pinggir.
  2. Setelah dikupas akan terlihat bintik-bintik mata nanas. Mata nanas ini perlu dihilangkan. Jika dilihat dengan cermat, mata nanas terlihat berbaris dalam bentuk spiral. Potong bagian mata nanas secara diagonal dengan membuat potongan berbentuk V untuk mengeluarkannya.
  3. Setelah dikupas dan dibuang matanya, nanas siap dipotong-potong. Ada beberapa cara untuk membuat potongan nanas.
  4. Jika ingin potongan bentuk bulatan, rebahkan nanas dan potong menjadi bulatan 2 sentimeter. Potong bagian inti yang keras untuk bentuk bulat seperti cincin.
  5. Jika hanya ingin bentuk potongan, potong nanas menjadi empat bagian. Potong bagian inti yang keras, lalu potong lagi setiap bagian memanjang. Kemudian potong melintang menjadi beberapa bagian.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Cara Potong Nanas Utuh Pakai Pisau Tajam, Pastikan Nanas Matang Dulu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/11/22/180800875/cara-potong-nanas-utuh-pakai-pisau-tajam-pastikan-nanas-matang-dulu?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm