Ilustrasi kulit kering
Ilustrasi kulit kering ( shutterstock )

Berikut Tips Untuk Mengatasi Kulit Kering, Seiring Bertambahnya Usia

25 November 2020 15:22 WIB

SonoraBangka.id - Seiring bertambahnya usia, kondisi kulit juga mengalami perubahan.

Biasanya, selain adanya kerutan halus, kulit juga cenderung menjadi kering.

Umumnya, wanita yang sudah masuk usia menopause, kadar hormone estrogen dan progesteron berkurang sehingga kulit kehilangan kolagen serta kekencangannya.

Hal ini membuat kulit terasa tidak nyaman seperti tertarik dan kering.

Seperti yang dikatakan dermatolog dan pendidi MMSkincare, Dr. Ellen Marmur kepada InStyle, bahwa hilangnya kolagen dapat mengurangi sirkulasi vaskular dan limfatik serta pelembab alami pada kulit.

Selain itu, kadar estrogen yang menurun juga dapat membuat kulit menjadi kendur dan kusam.

Tentunya ini menambah masalah baru. Beruntung, sedikit perubahan dalam rutinitas perawatan kulit dapat membantu meminimalkan kekeringan berlebihan pada kulit.

Contohnya jangan mencuci wajah terlalu sering.

Mencuci muka dapat membuat kulit dehidrasi. Sama halnya dengan terlalu lama berdiri di bawah sinar matahari, pendingin ruangan, dan berkeringat.

"Dalam keadaan normal, masalah kulit terkait iklim dapat diatasi dengan produk perawatan. Tapi berbeda apabila terjadi ketidakseimbangan hormon, bisa lebih sulit," kata dermatolog Dr. Zenovia.

Produk perawatan

Sebaiknya carilah perawatan yang mampu menghidrasi sekaligus mengandung bahan penambah kolagen, untuk mengurangi atau mengatasi kulit kering selama menopause.

Bisa juga memilih produk yang formulanya lembut di kulit. Misalnya pembersih non-exfoliate.

Bisa juga dengan menggunakan serum secara teratur untuk perawatan lebih lanjut.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm