Takoyaki, jajanan khas Jepang ini akan terasa nikmat sekali jika disajikan dengan saus dan irisan tipis ikan Bonito.
Takoyaki, jajanan khas Jepang ini akan terasa nikmat sekali jika disajikan dengan saus dan irisan tipis ikan Bonito. ( KKDay Image Resources)

Cara Membuat Takoyaki,Makanan Khas Jepang Bisa Untuk Sarapan

26 November 2020 06:27 WIB

SonoraBangka.id - Kuliner yang merupakan khas Jepang salah satunya adalah takoyaki. Kamu bisa jadikan takoyaki sebagai menu sarapan di rumah, karena pembuatannya mudah. Berbentuk bulat, berisikan gurita, disiram saus takoyaki yang gurih. Bahan-bahan untuk membuat takoyaki dapat kamu temukan di e-commerce atau toko yang menjual bahan masakan Asia.

Dilansir dari Japan Centre, kamu bisa mengeksplorasi isi dari takoyaki sesuai selera. Jika tidak suka gurita, kamu bisa mencoba membuat takoyaki dengan bahan seperti ayam atau daging lainnya. Para vegetarian bisa mengganti gurita dengan sayuran seperti jamur shiitake. Kamu juga bisa menggunakan kecap berbasis jeruk yang disebut ponzu untuk rasa yang lebih tajam atau ringan. Selain saus takoyaki, kamu juga bisa menggunakan okonomiyaki yang rasanya mirip.

Resep takoyaki

  • Adonan 200 gram tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 450 ml air
  • Sejumput bubuk kaldu dashi

Isi

  • 100 gram gurita rebus segar yang dipotong kecil-kecil
  • 1 ikat daun bawang, iris
  • Acar jahe merah
  • Serpihan tempura

Saus

  • Saus takoyaki
  • Mayones Jepang
  • Rumput laut
  • bubuk aosa atau aonori
  • Serpihan katsuobushi bonito

Cara membuat takoyaki

  1. Buat adonan terlebih dahulu dengan mencampurkan 2 telur, tepung terigu, air dan sedikit kaldu dashi.
  2. Letakkan wajan takoyaki di atas kompor gas dengan api sedang, panaskan dengan sedikit minyak di setiap lubang.
  3. Potong gurita menjadi kecil. Letakkan potongan gurita di setiap lubang, lalu isi setiap lubang adonan. Kamu bahkan bisa meluapkan adonan dari lubang agar lebih mudah dibalik nantinya.
  4. Tambahkan irisan daun bawang cincang, acar jahe merah, dan serpihan tempura ke setiap lubang sesuai selera.
  5. Setelah takoyaki dalam keadaan setengah matang (sekitar 1-2 menit), balik adonan dengan tusuk sate kayu untuk menusuk bagian luar adonan dan membalikkannya ke dalam lubang. Membutuhkan sedikit latihan untuk melakukannya.
  6. Biasanya takoyaki hanya bisa dibalik sekitar tiga perempat bagiannya, jadi biarkan masak sedikit lagi sebelum membaliknya. Pastikan takoyaki berbentuk bundar, terus putar di dalam lubang untuk memastikannya matang secara merata di semua sisi. Butuh waktu sekitar 3-4 menit sampai bagian luar berwarna coklat keemasan.
  7. Setelah dirasa sudah matang menyeluruh, letakkan takoyaki di atas piring, lalu tuangkan saus takoyaki dan mayones Jepang. Kemudian taburkan sedikit bubuk rumput laut dan serpihan bonito di atasnya.
  8. Takoyakimu siap dihidangkan.

Artikel ini telah tayang di com dengan judul "Resep Takoyaki, Kuliner Khas Jepang Bisa buat Sarapan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/11/22/073700175/resep-takoyaki-kuliner-khas-jepang-bisa-buat-sarapan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm