Ilustrasi
Ilustrasi ( parenting.orami.co.id)

Berikut 4 Bahan Alami Menghasilkan Warna Kuning Untuk Pewarna Makanan

28 November 2020 11:05 WIB

SonoraBangka.id - Bagi sebagian orang masih takut dan khawatir untuk menggunakan pewarna sintetis. Pewarna makanan mungkin sudah tak asing digunakan terutama untuk membuat kue. Kabar baiknya, tentu saja ada bahan yang bisa digunakan sebagai pewarna makanan alami. Berikut bahan alami yang menghasulkan warna kuning untuk makanan dan kue:

1. Safron

Salah satu pewarna untuk warna kuning adalah safron seperti yang dikutIp dari buku "Seri Kue Sehat Favorit dengan Pewarna Alami" karya Tim Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka. Safron atau kuma-kuma adalah nama untuk rempah-rempah dari bunga Cracus Sativus. Safron memiliki rasa khas sedikit pahit dan berbau harum (aroma bagaikan madu dengan sedikit nuansa harum jerami), serta mengandung crocin yakni salah satu bahan pewarna makanan karotenol yang membuat mkanan menjadi kuning keemasan. Safron ijual dalam bentuk putik bunga utuh atau bubuk berwarna kuning. Kualitas safron tertinggi adalah tangkai putik berwarna merah gelap dan tidak belang-belang.  Safron disarankan untuk dibeli dari negara-negara seperti Spanyol, Kashmir, India, Italia, dan Yunani agar terjamin keasliannya. Simpanlah safron di dalam toples gelas di tempat yang sejuk dan tidak lembab.

2. Kunyit

Kunyit adalah Bahan lainnya yang digunakan sebagai pewarna kuning dan lebih murah. Bumbu kunyit, memang digunakan sebagian besar untuk warnanya.  Dikutip dari Thespruceeats, kamu bisa menggunakan kunyit langsung untuk pewarna, cukup aduk kunyit bubuk dalam wadah. Jika kamu ingin membuat pewarna yang lebih tradisional, larutkan satu sendok teh kunyit dalam 1/2 gelas air, didihkan, dan kurangi setengahnya. Gunakan sedikit untuk mendapatkan warna kuning, dan lebih banyak lagi untuk mengubahnya menjadi oranye.

3. Jagung

Kebanyakan jenis jagung mengandung antosianin kuning pucat. Seperti buah lain yang warnanya berasal dari antosianin, berhati-hatilah agar jagung segar tidak terlalu matang. Dikutip dari Instructables.com, tepung jagung biasanya merupakan sumber kuning yang bagus untuk semua makanan. Kandungan warna kuning emas yang dimasak, bakal menjadikan warna kuning lezat sebagai campuran bahan makanan.

4. Kulit lemon

Kulit lemon memiliki warna kuning yang cantik. Potongan kulit lemon dapat menambahkan rasa dan warna lemon pada banyak hidangan. Jika kamu ingin rasa yang lebih lembut, rebus kulitnya dalam air mendidih terlebih dahulu dan sebagian rasa akan encer, tetapi warnanya akan tetap bagus. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Bahan Pewarna Kuning Alami untuk Makanan, Safron hingga Lemon", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/11/27/101200975/4-bahan-pewarna-kuning-alami-untuk-makanan-safron-hingga-lemon?page=all#page2.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm