lsutrasi cibay atau aci ngambay.
lsutrasi cibay atau aci ngambay. ( Dok. Andriani Mareth/ YouTube More Than Dessertarian)

Berikut Ini Cara Membuat Cibay, Aci Ngambay Jajanan Khas Jawa Barat

30 November 2020 11:19 WIB

SonoraBangka.id - Cibay atau lebih sering disebut aci ngambay merupakan jajanan khas dari Jawa Barat. Hidangan ini berbahan dasar tepung aci atau tepung tapioka, sama seperti kebanyakan jajanan Jawa Barat. "Seperti peracian dari tatar Sunda, cibay adalah singkatan dari beberapa versi," kata content creator Andriani Mareth lewat saluran YouTubenya More Than Dessertarian. "Ada yang bilang aci ngambay ada yang bilang aci ngagebay," jelasnya. Dalam Bahasa Sunda ngambay berarti berjuntai. Hal ini menggambarkan aci yang digoreng dan tampak seperti berjuntai karena meleleh. Berikut resep aci ngambay atau cibay dari YouTube More Than Dessertarian.

Resep aci ngambay

Bahan:

  • 6 sendok makan tepung tapioka
  • 500 ml air kulit lumpia
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok makan lada
  • 1 sendok makan penyedap
  • daun bawag secukupnya
  • kornet secukupnya
  • cabai bubuk secukupnya (opsional kalau suka pedas)

Cara membuat aci ngambay:

  1. Campurkan air dengan tepung tapioka di teflon anti lengket. Aduk sampai rata. Proses ini dilakukan tanpa menyalakan api kompor.
  2. Masukkan daun bawang dan kornet secukupnya sesuai selera. Aduk lagi sampai rata. 2. Nyalakan api kompor dengan ukuran kecil. Aduk terus adonan, karena akan menggumpal dengan sangat cepat.
  3. Jika adonan aci sudah tampak bening, berarti sudah matang. Matikan kompor. Pindahkan ke wadah lain. Campurkan bubuk cabai jika sudah pedas. Diamkan 5-10 menit agar tidak terlalu panas.
  4. Bungkus adonan aci dengan kulit lumpia. Bungkus dengan lipatan bentuk amplop seperti martabak telur agar tidak bocor ketika digoreng.
  5. Goreng aci ngambay di minyak panas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Aci Ngambay, Jajanan Jawa Barat yang Acinya Meleleh", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/11/29/141800375/resep-aci-ngambay-jajanan-jawa-barat-yang-acinya-meleleh.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm