Kode ukuran di dinding ban mobil (GridOto.com)
Kode ukuran di dinding ban mobil (GridOto.com) ( kompas.com)

Ban Mobil Bisa Kedaluwarsa, Fakta Atau Mitos?

3 Desember 2020 19:10 WIB

SONORABANGKA.ID - Penyebab Kecalakaan lalu lintas sering kali dikaitkan dengan permasalahan pecah ban. Bahkan peristiwa tersebut membuat banyak persepsi yang berkembang, salah satunya seperti anggapan ban yang kedaluwarsa.

“ Ban mobil bukan seperti makanan yang memiliki masa kedaluwarsa, jadi tidak bisa disamakan. Proses pembuatan ban itu dari bahan mentah atau material dasar karet alam dan sintesisnya serta puluhan komponen benar-benar matang, jadi tidak bisa basi,” On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal, belum lama ini kepada Kompas.com.

Saat bicara soal angka-angka pada dinding ban, menurut Zulpata itu bukan merujuk pada periode waktu yang menandakan masa pakai dari ban, melainkan sebuah kode produksi dari pembuatan ban itu sendiri.

Kode produksi tersebut terkait beragam hal, seperti dibuat pada minggu ke berapa dan pada tahun berapa. Ini berguna bagu perusahaan untuk melakukan pelacakan bila terjadi sesuatu, seperti cacat produksi dan lain sebagainya.  

Meski demikian, Zulpata tak memungkiri ban dalam kondisi baru juga bisa mengalami kerusakan. Faktornya bisa karena beragam hal, mulai dari cara menyimpan yang tidak benar sampai masalah eksternal lainnya.

Selain itu, pengerasan pada karet ban juga terjadi setelah tiga tahun pemakaian. Namun hal tersebut dianggap wajar karena ban terpakai dan terus-menurus terkena friksi yang membuat suhu ban berubah-ubah.

“Jika digunakan lalu karetnya ketas itu wajar, karena ada perubahan suhu, tapi jangan dianggap kedaluwarsa, karena hal itu tidak benar. Ditekankan lagi, yang paling penting itu masalah perawatan dan pemakaian, selama hal tersebut dilakukan maka usia ban bisa lebih optimal,” kata Zulpata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Ban Mobil Bisa Kedaluwarsa?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/03/091200315/mitos-atau-fakta-ban-mobil-bisa-kedaluwarsa-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm