( Ist / Humas Bawaslu Babel)

Firman Ingatkan PTSP Untuk Tegas Dalam Pengawasan Mekanisme Tungsura di TPS

4 Desember 2020 10:18 WIB

SonoraBangka.id – Menjelang pelaksanaan tahapan pemungutan dan penghitungan suara (Tungsura) Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Bangka Selatan, beberapa Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Bangka Selatan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Simulasi Pemungutan Suara kepada Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Salah satu Panwascam yang melaksanakan Bimtek dan Simulasi Pemungutan Suara adalah Kecamatan Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan. Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Firman T.B. Pardede hadir dipelaksanaan Bimtek dan Simulasi tersebut dengan mengatakan bahwa PTPS harus tegas dan ketat dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 saat berlangsung proses Tungsura,

“Keselamatan manusia lebih penting dari segalanya, jadi jangan sampai momen ini menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19,” ujar Firman saat mengunjungi Lokasi Bimtek, Kamis (03/12/2020).

Kunjungan Anggota Bawaslu Babel ke Panwascam Tukak Sadai dimanfaatkan jajaran Panwascam Tukak Sadai untuk berdiskusi dan bertanya mengenai permasalahan yang seringkali terjadi saat berlangsung proses Tungsura di TPS, diantaranya terkait pemilih disabilitas yang didampingi saat datang ke TPS,

"Jika karena situasi yang tidak memungkinkan pemilih menggunakan hak pilihnya sendiri maka ia bisa didampingi sesuai mekanisme yang ada," ungkap Anggota Bawaslu Babel.

Pantauan Tim Humas Bawaslu Babel bahwa proses Simulasi Tungsura dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat serta dengan keadaan pemungutan suara yang sebenarnya, hal ini dilakukan dalam rangka antisipasi agar PTPS yang bertugas terbiasa dengan suasana dan kondisi saat Tungsura berlangsung.

Diakhir kunjungan Anggota Bawaslu Babel meyempatkan memberikan motivasi kepada seluruh PTPS Se- Kecamatan Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan dan mengajak seluruh PTPS untuk berani mengeluarkan pendapat apabila saat pelaksanaan Tungsura di TPS ada ditemukan mekanisme yang tidak sesuai dengan regulasi,

“Kita pengawas pemilihan harus berani menyampaikan kepada Ketua KPPS kalau ada hal-hal yang janggal melanggar ketentuan, sampaikan saja,” tegas Anggota Bawaslu Babel ini.

Lebih lanjut ia berpesan agar Jajaran Bawaslu hingga ke PTPS senantiasa berdoa agar pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 berjalan aman, lancar dan selamat serta terhindar dari paparan Covid-19.

SumberHumas Bawaslu Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm