Menaruh kaki di dasbor (Cicmah hasyim - blogger)
Menaruh kaki di dasbor (Cicmah hasyim - blogger) ( kompas.com)

Menempatkan Kaki Di Dasbor Bukan Hal Yang Benar Untuk Dilakukan

5 Desember 2020 19:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Beberapa aktivitas yang kerap dilakukan oleh penumpang mobil di depan, diantaranya adalah menaruh kaki ke dasbor. Menaruh kaki ke dasbor dianggap sebagai posisi santai saat perjalanan.

Bahkan tidak hanya dilakukan saat mobil berhenti, ada saja yang menaruh kakinya ke dasbor saat mobil sedang berjalan. Lantas apakah perilaku penumpang yang seperti ini aman untuk dilakukan?

Sony Susmana dari Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, penumpang yang duduk di dalam mobil ada etikanya. Etika ini diatur atas dasar keselamatan dan keamanan.

“Kalau berlaku tidak wajar atau duduk sembarangan akan berisiko fatal saat kecelakaan. Karena duduk sempurna salah satu yang mengurangi risiko cedera,” ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (4/12/2020).

Dikatakan Sony, bila menaruh kaki di dasbor yang mana bukan tempat semestinya, sama dengan menantang maut. Kalau mengerem, badan bisa merosot ke depan, belum lagi jika mobilnya sudah dilengkapi dengan airbag.

“Kalau terhantam airbag saat dia meledak karena kecelakaan, kaki bisa patah,” Kata Sony.

Begitu juga ketika mobilnya sedang diam, menempatkan kaki di dasbor bukan hal yang benar untuk dilakukan. Perlu diingat jika di dasbor ada sensor, khawatir saat digetok, airbag malah meledak dan melukai kaki penumpang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Terbiasa Menaruh Kaki Ke Dasbor Mobil, Berbahaya!", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/05/092200715/jangan-terbiasa-menaruh-kaki-ke-dasbor-mobil-berbahaya-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm