Ilustrasi mudik (SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi mudik (SHUTTERSTOCK) ( kompas.com)

Melakukan Perjalanan Jarak Jauh, Jangan Pasang Target Cepat Sampai

5 Desember 2020 21:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Menjelang Akhir tahun menjadi momen yang banyak ditunggu oleh masyarakat untuk berlibur atau mudik.

Melakukan perjalanan jarak jauh di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kendaraan pribadi memang menjadi alternatif untuk mencegah penularan virus Corona.

Apalagi, kalau perjalanan ketika mudik atau berlibur bersama beberapa anggota keluarga yang tentunya akan lebih nyaman pada saat menggunakan mobil pribadi.

Tetapi, ada yang perlu diperhatikan selama berkendara jarak jauh selain tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, yakni tidak menargetkan cepat sampai. 

Sony Susmana dari Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia ( SDCI) mengatakan, yang perlu dihindari pada saat melakukan perjalanan jarak jauh adalah menargetkan waktu perjalanan.

Menurut Sony, pada saat berkendara dengan keinginan cepat sampai di lokasi tujuan justru tidak baik dan akan mengganggu mood selama di perjalanan.

“Keinginan cepat sampai itu akan mengganggu mood, sebaiknya selama berkendara tetap menjaga kecepatan dan mengikuti aturan lalu lintas yang berlaku,” kata Sony kepada Kompas.com, Jumat (4/12/2020).

Kalau pengemudi memasang target untuk cepat lokasi dalam waktu tertentu akan berpengaruh terhadap psikis yakni pengemudi menjadi stres.

Terlebih, kalau target yang dipasang untuk sampai di lokasi tidak sesuai atau lebih lama dari yang diharapkan.

Mengingat selama perjalanan tidak bisa diprediksi apa yang akan terjadi, misalkan saja terjebak dalam kepadatan lalu lintas atau mengalami kendala yang tidak diinginkan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm