Ilustrasi Terasi
Ilustrasi Terasi ( idntimes.com)

Perhatikan Warnanya, Berikut Cara Memilih Terasi Yang Berkualitas Baik

7 Desember 2020 09:39 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu bumbu yang kerap digunakan dalam masakan salah satunya adalah terasi. Oleh karena itu, kamu harus mengenali terasi yang berkualitas baik atau tidak. Terasi yang berkualitas baik adalah ditandai oleh warnanya yang gelap atau hitam kecoklatan hal ini diungkapkan oleh travelling Chef, Wira Hardiansyah, “Warna hitam pada terasi adalah alami. Warna itu berasal dari pigmen ikan atau udang. Sedang terasi warna merah atau lebih cerah biasanya menggunakan pewarna,” kata Wira saat dihubungi Kompas.com.

Terasi yang baik juga biasanya memiliki tekstur yang tidak terlalu keras tetapi juga tidak terlalu lembek. Kemudian, aroma terasi tajam atau tidak berbau tengik. Sementara untuk terasi dengan pewarna buatan, tampilan fisiknya berwarna merah mencolok dan tidak berwarna gelap. “Warna merah menembus hingga ke dalam. Lalu bila dipegang warna menempel di tangan,” ucapnya. Adapun, menurut Wira, terasi dapat dibedakan menjadi tiga macam berdasarkan bahan baku yakni udang, ikan, dan campuran ikan dan udang. Perbedaan bahan baku itulah yang menyebabkan perbedaan warna terasi.

Terasi Bangka dicontohkan oleh chef Wira memiliki warna cerah merah hingga ungu. “Terasi Bangka juga punya aroma dan rasa gurih yang kuat serta memiliki tekstur yang agak kasar,” terang Wira. Sementara terasi Lombok, memiliki ciri khas warna gelap pekat, beraroma gurih, dan baunya menyengat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Pilih Terasi Kualitas Baik, Perhatikan Warnanya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/03/161628375/cara-pilih-terasi-kualitas-baik-perhatikan-warnanya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm