Ilustrasi durian
Ilustrasi durian ( shutterstock.com/topnatthapon)

Berikut Ini Cara Mengemas Durian Agar Baunya Tidak Tercium Di Pesawat

7 Desember 2020 09:50 WIB

SonoraBangka.id - Kamu dapat makan durian Medan langsung di tempatnya sampai puas misalnya di Ucok Durian. Menjadi hal wajib juga usai berkunjung ke Medan untuk membawa durian sebagai oleh-oleh untuk disantap di rumah bersama keluarga. Durian boleh saja masuk pesawat asalkan baunya tidak tercium. Pasalnya, tidak semua orang suka bau durian yang menyengat. Jika mau membawa sendiri durian, harus dikemas dengan benar. Ucok Durian membagikan cara mengemas durian agar baunya tidak tercium di pesawat seperti dilansir dari Kompas.com.

Keluarkan daging durian

Kamu harus mengeluarkan daging durian sehingga tidak perlu mengirim durian secara utuh. Belah kulit durian, ambil dagingnya dan masukkan ke dalam kontainer atau wadah plastik bertutup rapat. Lakban erat kontainer durian tersebut.

Masukkan dalam plastik

Tidak sampai di situ, proses mengemas durian masih berlanjut. Siapkan plastik bening. Masukkan kontainer yang sudah dilakban ke dalam plastik. Setelah itu, lakban lagi kemasan tersebut. Pastikan lakban erat.

Lakban 4 lapis

Untuk memastikan baunya tidak menyebar, kontainer berisi daging durian harus dilapisi lakban sampai 4 lapis. Pastikan menutupi semua permukaan. Kalau perlu beri lebih dari 4 lapisan. Menurut Zainal Abidin yang lebih dikenal sebagai Ucok, pemilik Ucok Durian, mengatakan bahwa cara mengemas durian merupakan hasil eksperimennya. Setelah dikemas dengan rapi, pihak maskapai masih mengecek kontainer berisi daging durian. Caranya, diletakkan di dalam ruang ber-AC selama 24 jam untuk mengetahui baunya menyebar atau tidak. Durian tetap tidak bisa masuk kabin melainkan tetap di bagasi meskipun sudah dikemas dengan rapat.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Kemas Durian agar Tidak Bau di Pesawat, Tips dari Ucok Durian", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/11/30/131946475/cara-kemas-durian-agar-tidak-bau-di-pesawat-tips-dari-ucok-durian.
Penulis : Yuharrani Aisyah
Editor : Yuharrani Aisyah

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm