Tanaman Monstera
Tanaman Monstera ( Dok/NSE Tropicals)

Serupa Tapi Tak Sama, Apa Perbedaan Monstera dan Philodendron ?

8 Desember 2020 11:17 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini tanaman hias banyak di gandrungi oleh masyarakat Indonesia, apalagi disaat pandemi seperti ini.

Nah, ada beberapa jenis tanaman hias sekilas ada yang terlihat mirip.

Untuk para pemburu tanaman hias pemula, tak jarang hal ini membuat bingung.

Seperti contoh tanaman hias yang terlihat mirip adalah monstera dan split-leaf philodendron.

Keduanya sama-sama tumbuh di iklim tropis, berdaun besar, dan berwarna hijau tua.

Selain itu keduanya sama-sama memiliki daun yang terbelah atau terpisah.

Namun demikian, ada hal mendasar yang membedakan keduanya. Monstera berasal dari Meksiko dan cukup digemari karena buahnya.

Tanaman hias ini tidak membutuhkan banyak air, dapat mentolerir paparan sinar matahari dalam tingkat sedang, dan bisa tumbuh menjadi sangat besar.

Monstera memiliki berbagai macam nama berdasarkan buah dan daunnya. Ada monstera yang daunnya seperti terlihat berlubang.

Di Indonesia jenis monstera ini dikenal dengan nama janda bolong. Sedangkan philodendron adalah genus tumbuhan yang memiliki bunga cukup besar.

Ada dua spesies yaitu split-leaf philodendron yakni philodendron bipinnatifidum dan philodendron selloum. Philondendron sebenarnya berbeda dengan monstera.

Namun beberapa orang ada yang menyebutnya dengan nama sama sehingga sering tertukar.

Terlebih untuk monstera dan philodendron yang merupakan genus dari family arum yakni kelompok tanaman yang berukuran lebih besar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm