Ilustrasi
Ilustrasi ( id.openrice.com)

Kreasi Olahan Jeroan, Berikut Ini Cara Membuat Soto Mi Babat

8 Desember 2020 14:16 WIB

SonoraBangka.id - Kamu dapat mengolah babat menjadi makanan berkuah seperti soto mi selain digoreng. Agar bau tidak sedap lenyap, sebelum mengolah babat bersihkan dulu dengan benar. Caranya, gosok menggunakan garam kasar. Cuci pakai air mengalir. Lanjutkan rebus babat dalam air garam. Usai membersihkan babat, kamu dapat membuat soto mi babat untuk 5 porsi sesuai buku "Koleksi 120 Resep Masakan Sapi" karya Yasa Boga terbitan Gramedia Pustaka Utama. Baca juga: Resep dan Tips Olah Jeroan

Resep soto mi babat

Bahan

  • 500 gram mi basah, seduh air panas, tiriskan
  • 300 gram babat siap olah
  • 200 gram daging sengkel utuh
  • 500 ml air rebusan daging (tambahkan air)
  • 10 butir merica utuh
  • 2 sdt kaldu sapi bubuk
  • 2 buah lobak putih, potong 1 cm
  • 4 lembar daun salam
  • Daun bawang untuk taburan

Cara membuat soto mi babat

  1. Rebus babat siap olah sampai empuk. Masukkan 1 sendok teh garam dan 2 lembar daun salam. Tiriskan, potong 1x3 sentimeter.
  2. Rebus daging sengkel dengan 750 ml air dan 1 sendok teh garam sampai empuk. Tiriskan. Potong 1/2 sentimeter melintang serat.
  3. Didihkan air hasil rebusan daging dengan 2 lembar daun salam dan merica. Masukkan potongan daging, babat, garam, dan kaldu bubuk. Masak dengan api kecil selama 15 menit.
  4. Masukkan lobak, masak kembali 10 menit sampai lobak empuk. Angkat.
  5. Saran penyajian: bagi mi dalam 5 mangkuk. Beri lobak, daging, babat, dan daun bawang. Siram kaldu panas. Santap selagi hangat.

    Artikel ini telah tayang di com dengan judul "Resep Soto Mie Babat, Kreasi Olah Jeroan Sapi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/08/105050775/resep-soto-mie-babat-kreasi-olah-jeroan-sapi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm