Ilustrasi memanggang menggunakan wajan teflon.
Ilustrasi memanggang menggunakan wajan teflon. ( UNSPLASH/LOUIS HANSEL)

Agar Masak Dapat Maksimal, Berikut 4 Ciri-Ciri Teflon Layak Ganti

10 Desember 2020 06:53 WIB

SonoraBangka.id - Teflon adalah zat anti lengket yang juga menjadi nama dagang alat masak. Seiring waktu teflon dipakai, akan membuat lapisannya menipis dan kondisinya tak sebagus awal membeli. Panci atau wajan berbahan teflon jadi andalan banyak orang untuk memasak. Ada ciri-ciri teflon layak diganti agar proses memasak dapat maksimal, seperti berikut:

1. Panci melengkung

Teflon antilengket disarankan untuk diganti maksmimal lima tahun sekali, hal tersebut melansir  dari Reader’s Digest. Tanda pertama dari panci teflon sudah harus diganti adalah panci melengkung. Panci yang melengkung tidak berbahaya untuk makanan. Namun, saat panci melengkung, permukaan memasak tidak akan rata dan makanan tidak akan matang secara merata.

2. Perubahan warna gelap

Karena bahan makanan yang menumpuk seiring digunakan sehingga menyebabkan perubahan warna teflon menjadi gelap Bisa pula teflon berubah warna menjadi terang yang menandakan lapisan anti lengket sudah rusak. Pada saat itu, saatnya membeli baru.

3. Terlihat goresan yang signifikan hingga lapisan terkelupas

Jika terlihat goresan yang jelas, itu berarti permukaan teflon antilengket telah rusak dan bahan kimia tersebut dapat terkelupas ke dalam makanan.

4. Pegangan yang longgar, rusak, atau meleleh

Dari Global News, pegangan yang longgar, rusak atau meleleh menandakan panci teflon sudah harus diganti. Hal ini demi untuk keamanan saat memasak. Pegangan pada panci mempunyai fungsi agar saat memasak kita bisa memegang wajan atau panci sehingga tidak terjatuh dari kompor. Jika pegangannya rusak maka berisiko panci atau wajan terjatuh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapan Teflon Harus Diganti? Perhatikan 4 Ciri Ini", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/09/151600175/kapan-teflon-harus-diganti-perhatikan-4-ciri-ini.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm