Rhoma Irama
Rhoma Irama ( Tribunnews.com)

Kisah di Balik Kesuksesannya Bermusik, Rhoma Irama Pernah Dicekal, Dilempar Sandal dan Batu

10 Desember 2020 14:57 WIB

SonoraBangka.ID - Tak selalu mulus jalan yang dilalui Rhoma Irama sebelum menyandang gelar si Raja Dangdut. Ia mengaku sempat dicekal, dilempar sandal dan batu.

Sudah 50 tahun Rhoma Irama berkarier di dunia musik dangdut bersama grup musik Sonetanya.

Bahkan, Rhoma Irama sampai mendapatkan julukan 'Raja Dangdut', karena karya-karyanya yang dikenang.

Sampai kini jadwal manggungnya seolah tak berhenti.

Rhoma Irama digadang-gadang tetap konsisten membesarkan musik dangdut Indonesia keseluruh penjuru Negeri sampai ke dunia.

Dibalik kesuksesannya, Rhoma menceritakan perjuangannya sampai disebut 'Raja Dangdut' atau musisi legenda, dalam 50 tahun bermusik.

Pria berusia 73 tahun itu menambahkan, ia mengaku sempat dicekal selama 11 tahun tidak bisa manggung on air atau dalam program stasiun televisi.

Hal tersebut diakui Rhoma lantaran isi liriknya yang bertemakan tentang sosial dan juga soal islam.

Ayah dari pedangdut Ridho Rhoma itu menjelaskan lagu-lagunya yang dicekal banyak orang sampai ke lembaga Pemerintahan pada masanya, lagu tersebut ialah 'Rupiah', 'Lagu Indonesia', dan 'Judi'.

Tak hanya dicekal saja, pria bernama asli Raden Irama tersebut juga pernah mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari penonton, saat beraksi diatas panggung.

Kejadian pertama adalah ketika Rhoma dan Soneta manggung di Ancol, Jakarta Utara. Ia mendapatkan lemparan sendal dan caci maki penonton, hanya karena mengucapkan 'Assalamualaikum'.

"Kemudian yang kedua saat manggung di acara rock di kawasan Bandung, Jawa Barat. Saya menerima hujan batu saat itu dari pendukung musik rock. Tapi musisi rock juga dihujani batu sama pendukung dangdut," katanya.

Namun, Rhoma menegaskan dirinya tidak takut dengan hujanan batu itu. Ia justru naik keatas panggung untuk menenangkan penonton yang mulai rusuh.

Setelah membicarakan duka atau kenangan pahit selama 50 tahun berkarya, Rhoma Irama menceritakan suka atau pengalaman manis yang pernah ia rasakan bersama Soneta.

Kejadian manis yang tak akan dilupakan Rhoma Irama ketika dirinya manggung di Tokyo, Jepang. Setelah menyanyikan lima lagu, ia mendapatkan apresiasi yang luar biasa.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kisah di Balik Kesuksesannya Bermusik, Rhoma Irama Pernah Dicekal, Dilempar Sandal dan Batu, https://www.tribunnews.com/seleb/2020/12/09/kisah-di-balik-kesuksesannya-bermusik-rhoma-irama-pernah-dicekal-dilempar-sandal-dan-batu?page=2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm