Padi Reborn dalam acara Talkshow
Padi Reborn dalam acara Talkshow ( KOMPAS.com)

Cerita Panjang Piyu Kumpulkan Personel PADI, Tawarkan 50 Lagu Ciptaannya

11 Desember 2020 19:57 WIB

SonoraBangka.ID - Piyu menceritakan bagaimana ia bisa bertemu dan membentuk grup band PADI bersama Ari Tri Sosianto (gitatis), Rindra Risyanto Noor (bassis), Surendro Prasetyo (drummer), dan Andi Fadly (vokalis).

Sebagai informasi, para personel PADI Reborn ini merupakan alumni Universitas Airlangga dengan angkatan yang berbeda-beda.

Selepas merantau dan balik ke Surabaya, Piyu diajak teman-temannya kuliahnya membuat event organizer untuk membuat beberapa acara seperti konser Slank di kota tersebut hingga musik underground bernama Musik Siang Bolong.

Dalam event organizer tersebut, pemilik nama lengkap Satrio Yudi Wahono itu bertemu dan berkenalan dengan Ari yang ada di divisi transportasi.

Mulai dari percakapan itu, Piyu telah membayangkan yang ada dalam benaknya tentang band masa depannya.

Suatu ketika Piyu mendapatkan rekaman di Jakarta oleh tante temannya dan dimodalkan semuanya.

Karena belum memiliki pemain bass, Piyu meminta Ari untuk meminjam pemain bass grup bandnya, Rindra, hanya untuk rekaman tersebut.

Untuk diketahui, pada saat itu Ari dan Rindra merupakan teman satu band di Surabaya bernama Warna.

Setelah mendapatkan izin, Piyu langsung bergegas bertemu Rindra dan menjelaskan maksud kedatangannya.

Namun nahas, Piyu mengatakan rekaman itu tidak jadi tanpa kabar dan mereka memutuskan kembali ke Surabaya.

Terlepas dari itu, Piyu rupanya telah membuat 50 hingga 60 lagu dengan aliran musik yang notabene kental pada masa itu di tahun 1994 dan 1995.

"Dari situ akhirnya saya yakinkan kepada mereka (Rindra dan Ari), 'nih saya sudah punya lagu ada 50 sampai 60 lagu. Kita buat band baru'," ungkap Piyu.

Rindra dan Ari sempat kebingungan dengan band Warna, akhirnya mereka memutuskan untuk gabung dengan Piyu. Kemudian Ari memperkenalkan Fadly kepada Piyu karena merupakan teman satu kelasnya.

Namun ketika itu Fadly telah memiliki grup band yang terbilang cukup profesional di salah satu kafe.

Kendati demikian, Fadly memberikan rekomendasi salah satu temannya bernama Yoyo untuk mengisi posisi drummer grup band tersebut.

Kemudian sekitar tahun 1997, Piyu mengajak teman-temannya itu untuk mengadakan kesepakatan satu sama lain. 

Sebab, Piyu dan teman-temannya sudah memiliki lagu yang siap masuk dapur rekaman.

Setelah sepakat, suatu ketika Piyu bersama temannya yang lain datang ke kantor grup band regular Fadly lalu menyampaikan kesepakatan yang sebelumnya itu ke manajernya.

Selain itu, Piyu juga menyampaikan untuk mengajak Fadly bergabung ke grup bandnya sebagai vokalis.

"Akhirnya ya sudah, diberikanlah izin itu. Terus kita membuat demo rekaman beberapa lagu," ujar Piyu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cerita Panjang Piyu Kumpulkan Personel PADI, Tawarkan 50 Lagu Ciptaannya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2020/12/11/192753466/cerita-panjang-piyu-kumpulkan-personel-padi-tawarkan-50-lagu-ciptaannya?page=3.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm