Wakil Gubernur Abdul Fatah
Wakil Gubernur Abdul Fatah ( Ist)

Wagub Abdul Fatah : Kabupaten/Kota Harus Cegah Pernikahan Dini

14 Desember 2020 11:09 WIB

SonoraBangka.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) berharap kepada pemerintah kabupaten/kota di Babel agar dapat mencegah pernikahan dini guna menurunkan angka stunting di daerahnya masing –masing.Hal tersebut ditegaskan Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah.

"Kita sambut baik dan berikan apresiasi dengan adanya penilaian kinerja kabupaten /kota dalam pelaksanaan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting tahun 2020 secara daring. Harapannya, agar dapat membangun komitmen bersama untuk mencapai suatu sasaran dari program kerja secara terkoordinasi dan sinergi dalam pelaksanaan pencegahan stunting di Babel,"ujar Wagub belum lama ini.

Wagub Abdul Fatah mengatakan, secara nasional dalam penanganan stunting di Indonesia telah diformulasikan sebuah kebijakan yang dikenal dengan “Bangga Kencana“ yang memiliki kontribusi yang mendasar ,yaitu pembangunan keluarga ,pengendalian penduduk ,dan KB.

"Untuk itu, dalam persiapan keluarga bagi kawula muda yang berniat untuk membentuk keluarga harus dilakukan sosialisasi supaya dapat membentuk keluarga yang dapat diharapkan.
Calon pengantin harus tahu supaya keturunan yang didapat terhindar dari stunting. Usia yang paling normal untuk melangsungkan pernikahan bagi kaum remaja yaitu usia bagi laki–laki berumur 25 tahun dan wanita berumur minimal 21 tahun,“ ungkapnya.

Selain itu, dikatakan Wagub Abdul Fatah mereka harus diberikan ilmu pengetahuan agar dalam membina rumah tangga terkhusus ibu hamil mulai dari nol bulan hingga seribu pertama kali kehidupan, kandungan dan sang calon ibu tersebut harus mendapatkan gizi yang seimbang, sehingga generasi yang lahir dapat terhindar dari stunting.

“Faktor penyebab stunting selain akibat pernikahan dini, juga dipengaruhi oleh ekonomi, perdagangan, urbanisasi, jaminan sosial, kesehatan, dan pemberdayaan perempuan untuk mengatasi stunting,“ pungkasnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm