Ilustrasi Spikoe Surabaya Atau Lapis Surabaya
Ilustrasi Spikoe Surabaya Atau Lapis Surabaya ( idntimes.com)

Spikoe Surabaya Kuno, Kue Khas Surabaya Untuk Pendamping Minum Teh

15 Desember 2020 11:31 WIB

SonoraBangka.id - Lapis surabaya termasuk sebagai kue kuno yang langgeng sampai sekarang. Spikoe (spiku) atau lapis Surabaya menjadi salah satu kue khas asal kota di Jawa Timur tersebut. Kue ini memiliki tiga lapis dengan dua warna yakni kuning dan cokelat. Teksturnya yang lembut enak dijadikan camilan pendamping minum teh. Banyak toko kue spikoe yang berjualan sebelum kemerdekaan RI dan masih jualan sampai sekarang. Dikutip dari buku “Resep Favorit untuk Usaha Kue Lapis” (2013) karya Tim Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, berikut resep lapis surabaya:

Resep spikoe surabaya kuno 

Bahan bagian kuning:

  • 10 kuning telur
  • 115 gram gula pasir halus atau castor
  • 125 gram mentega, kocok hingga halus dan memutih
  • 50 gram tepung (ayak)
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk

Bahan bagian cokelat:

  • 10 kuning telur
  • 125 gram gula pasir halus atau castor
  • 125 gram mentega, kocok hingga halus dan memutih
  • 35 gram tepung terigu (ayak)
  • 20 gram cokelat bubuk
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk

Olesan:

  • Buttercream atau selai stroberi secukupnya, untuk olesan

Cara membuat spikoe surabaya kuno:

  1. Siapkan oven, panaskan dengan suhu 180 derajat Celsius.
  2. Buat dua adonan kuning. Kocok kuning telur bersama gula hingga kental dan memutih. Masukkan mentega yang sudah dikocok halus, aduk rata. Masukkan tepung sambil diayak dengan vanili sedikit demi sedikit, aduk perlahan.
  3. Tuang adonan ke loyang (22 x 22 cm) yang sudah diberi alas kertas roti dan diolesi mentega serta ditaburi tepung. Panggang selama 20 menit, hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat.
  4. Buat satu adonan cokelat : kocok kuning telur bersama gula hingga kental dan memutih. Masukkan mentega yang sudah dikocok halus, aduk rata. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak bersama cokelat bubuk dan vanili sedikit demi sedikit, aduk perlahan hingga adonan tercampur rata. Tuang adonan ke dalam loyang (22 x 22 cm) yang sudah dialasi kertas roti dan dioles margarin serta ditaburi tepung. Panggang selama 20 menit, hingga adonan matang. Angkat.
  5. Susu kue, ambil satu bagian adonan kuning, beri olesan buttercream atau selai pada permukaannya. Letakkan adonan cokelat di atasnya. Lapisi permukaan adonan cokelat dengan buttercream atau selai. Letakkan adonan kuning lainnya di atas adonan cokelat, tekan perlahan agar kue melekat. Agar bentuk kue rapi, iris atau ratakan bagian pinggir kue.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Spikoe Surabaya, Kue Kuno Favorit Banyak Orang ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/13/170600975/resep-spikoe-surabaya-kue-kuno-favorit-banyak-orang-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm