Ilustrasi power outlet, lighter port, pengisi daya pada kendaraan (blogpspot)
Ilustrasi power outlet, lighter port, pengisi daya pada kendaraan (blogpspot) ( kompas.com)

Perilaku Ngecas Ponsel di Power Outlet Bisa Menyebabkan Aki Kendaraan Akan Cepat Soak?

15 Desember 2020 20:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Saat ini, hampir semua kendaraan, mobil dan motor, dilengkapi dengan power outlet yang bisa digunakan untuk mengecas ponsel.

Tapi, banyak yang beranggapan perilaku tersebut bisa menyebabkan aki menjadi soak. Karena, arus listrik pada motor bersumber dari aki.

Technical Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, mengatakan, fitur power outlet di motor tidak akan membuat baterai atau aki soak, namun ada syaratnya.

“Asalkan pada saat melakukan pengecasan HP, mesin dalam keadaan hidup, baterai motor tidak akan soak,” ujar Endro, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Namun, bila digunakan saat mesin tidak dihidupkan, aki akan cepat soak. Endro menjelaskan, ketika mesin mati, arus listriknya disedot dari aki atau baterai. Sedangkan aki tidak mendapat pengisian saat mesin motor mati.

“Jika hal ini dilakukan terus-menerus, arus listrik yang ada di aki akan habis. Kalau sudah habis arus listrik di aki, tidak bisa dicas, jadi harus ganti yang baru,” kata Endro.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ngecas Ponsel di Power Outlet Bisa Bikin Aki Kendaraan Cepat Soak?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/15/071200315/ngecas-ponsel-di-power-outlet-bisa-bikin-aki-kendaraan-cepat-soak-.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm