Ilustrasi Charge Handphone di Mobil (KOMPAS.com/Ruly)
Ilustrasi Charge Handphone di Mobil (KOMPAS.com/Ruly) ( kompas.com)

Ini Dampak Buruk Sering Ngecas Gawai dari Power Outlet Mobil

15 Desember 2020 22:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Mengikuti perkembangan, kebanyakan mobil baru saat ini sudah dilengkapi dengan power outlet. Tak hanya satu, bahkan sampai ada yang menyediakan mulai dari baris pertama hingga ketiga.

Hal tersebut tak lain bertujuan memfasilitasi kebutuhan pengisian daya ke ponsel atau gawai dalam perjalan. Banyaknya power outlet yang disediakan juga guna mengakomodir seluruh penumpang, sehingga bisa digunakan secara bersamaan.

Tapi demikian, di balik kepraktisan dan kemudahan yang diberikan power outlet, ternyata memiliki dampak buruk yang harus diwaspadai, yakni pengaruh pada daya tahan bateri dari gawai atau ponsel itu sendiri.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, menjelaskan, pengisian daya ponsel atau gawai dari power outlet kendaraan sebisa mungkin dihindari. Jika terlalu sering dilakukan, lama kelamaan bisa berdampak buruk.

"Sebaiknya dihindar charging baterai HP di mobil, karena tegangannya naik turun mengikuti putaran mesin," kata Didi, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Didi mengatakan, arus listrik pada mobil tidak stabil, atau mudah naik dan turun. Kondisi tersebut dapat memberikan efek buruk bagai gawai atau ponsel yang sedang melakukan pengisian daya.

Jika sering melakukan, dikhawatirkan akan membuat daya tahan baterai pada ponsel dan gawai justru bisa jebol sehingga membuat usia pakainya juga pendek.

Menurut Didi, pengunaan power outlet di mobil baiknya dilakukan dalam kondisi tertentu saja. Seperti sedang darurat atau sebagainya, jangan dijadikan andalan untuk mengisi baterai hingga penuh.

Selain itu, efek buruk melakukan pengisian daya dari power outlet juga bisa mempengaruhi masa pakai dari aki sendiri.

"Walau kemungkinannya kecil, bahaya atau risiko tetap ada. Kalaupun terpaksa, jangan terlalu lama dalam menggunakannyanya, jangan mengandalkan power outlet untuk pengisian baterai ponsel," ucap Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Ruginya Sering Ngecas Gawai dari Power Outlet Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/13/152200815/ini-ruginya-sering-ngecas-gawai-dari-power-outlet-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm