Bagindas saat perilisan lagu baru mereka, Bila Tiada Cinta di Kafe Lojik Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (16/12/2020)
Bagindas saat perilisan lagu baru mereka, Bila Tiada Cinta di Kafe Lojik Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (16/12/2020) ( KOMPAS.com/VINCENTIUS MARIO)

Bagindas Bangkit Lewat Karya Baru dan Siasat Saat Sepi Manggung

17 Desember 2020 13:45 WIB

SonoraBangka.ID - Sejak ditinggal mantan vokalis Bian, Bagindas kembali mencoba bangkit lewat kehadiran vokalis barunya, Andra.

Terakhir, grup band yang khas dengan lagu-lagu Melayu ini merilis single terakhir dari trilogi mereka dengan judul "Bila Tiada Cinta".

Lagu ini merupakan bagian dari trilogi cinta yang melengkapi dua singel terbaru mereka sebelumnya, "Dari Mata Turun Ke Hati" dan "Begitu Dalam".

Dalam perilisannya, Bagindas banyak menceritakan soal lagu tersebut dan bagaimana siasat Bagindas saat sepi job di masa pandemi.

Ceritakan patah hati

"Bila Tiada Cinta" adalah lagu yang sarat akan pesan patah hati, tetapi tetap dikemas dengan gaya Melayu seperti ciri khas Bagindas.

Mike, gitaris Bagindas sekaligus pencipta lagu trilogi ini mengungkap ide awal pembuatan lagu.

Secara garis besar, lagu ini menceritakan tentang kisah cinta seperti biasanya, seseorang bertemu, indah pada mulanya dan menjalin cinta.

Namun, tidak semua perjalanan cinta berjalan mulus. Bila tidak kuat, akan berakhir dengan kata putus.

Terinspirasi dari tembang lawas

Pencipta lagu sekaligus gitaris Bagindas, Mike, mengungkap dirinya banyak mencuri komposisi musik tembang-tembang lawas.

Mereka di antaranya Jamal Mirdad, Gombloh, Ari Wibowo, hingga Betharia Sonata.

Meski begitu, Mike mengaku tidak akan menghilangkan karakter Melayu khas Bagindas. Jika penuhi target, Bagindas akan buat film pendek.

Trilogi cinta mereka ini ternyata punya target tersendiri. Andra, sang vokalis, memasang target masing-masing lagu dalam trilogi ini harus mencapai 1 juta viewers.

Dalam video klip triloginya, Bagindas memboyong model terkenal sekaligus kekasih Chef Juna, Citra Anidya.

Cara Bagindas siasati pandemi

Meski baru merilis single, Bagindas menjadi salah satu grup band yang terkena imbas. Kehilangan job manggung dan terjebak dalam sulitnya perizinan konser membuat mereka harus memutar cara agar roda Bagindas tetap berjalan.

Akhirnya, masa pandemi justru dipakai Bagindas untuk berbenah, mengakrabkan diri satu sama lain dan terus berkarya.

Para personel Bagindas setiap hari selalu menyempatkan diri ke basecamp untuk sekadar latihan dan bertukar pikiran.

Andra, sang vokalis Bagindas, menekankan pentingnya tetap membangun chemistry di tengah pandemi Covid-19.

Diketahui, Andra adalah vokalis baru Bagindas menggantikan yang Bian pamit sejak 2013. Sejak berganti vokalis, Bagindas telah menghasilkan berbagai karya.

Terbaru, Bagindas merilis trilogi cinta yang berisi single "Dari Mata Turun Ke Hati", "Begitu Dalam", dan "Bila Tiada Cinta".


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bagindas Bangkit Lewat Karya Baru dan Siasat Saat Sepi Manggung", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2020/12/17/111756566/bagindas-bangkit-lewat-karya-baru-dan-siasat-saat-sepi-manggung?page=3.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm