Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah
Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah ( Ist )

Komitmen Menuju Babel Informatif, Wagub Abdul Fatah : Keterbukaan Informasi Publik Sangat Penting

18 Desember 2020 13:26 WIB

SonoraBangka.id - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah mengatakan keterbukaan informasi publik sangat penting, mengingat masyarakat perlu mengetahui penyelenggaraan pemerintahan di Bangka Belitung.Namun, Keterbukaan informasi publik di era digital ini menurutnya perlu disikapi secara cepat dan tepat.

"Pelayanan informasi publik saat ini menuntut adanya inovasi agar masyarakat dapat dilayani dengan baik. Sebagai konsekuensi era disrupsi, keterbukaan informasi publik sangat penting dan tidak dapat dihindari,"ungkap Wagub Abdul Fatah.(18/12/20).

Menurut orang nomor dua di provinsi Babel ini, keterbukaan informasi publik memiliki banyak manfaat, di antaranya transparansi dan akuntabilitas badan publik, memang ada beberapa kendala yang dihadapi dalam menerapkan keterbukaan informasi di tiap badan publik.

"Titik lemah PPID adalah dokumentasi. Selain itu, masih banyak masyarakat dan pejabat publik yang mencurigai keterbukaan informasi," ujarnya.

Kemudian dikatakan Wagub keterbukaan informasi salah satu kunci menuju masyarakat sejahtera. Dalam paparannya beliau mengatakan bahwa negara-negara maju senantiasa mengedepankan keterbukaan informasi.

"Negara-negara Skandinavia adalah salah satu contoh negara yang masyarakatnya sejahtera. Begitu juga keterbukaan informasi akan memperluas peluang investasi sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,"pungkasnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm