Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil (http://www.jupitergaragesheffield.co.uk)
Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil (http://www.jupitergaragesheffield.co.uk) ( kompas.com)

Masih Punya Sisa Oli Bekas Pakai, Apakah Bisa Digunakan Lagi?

18 Desember 2020 22:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika kita mengganti oli, terkadang tidak semuanya cukup dimasukkan ke tangki dan masih ada sisa beberapa liter. Sisa oli tersebut biasanya disimpan oleh pemilik kendaraan, dengan tujuan bisa digunakan nanti ketika hendak mengganti oli lagi.

Tapi, menyimpan sisa oli juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Masalahnya, bila tidak tersimpan dengan baik saat ingin digunakan bisa berakibat fatal ke mesin.

“Seperti contoh, biasanya pemilik mobil membeli 4 liter oli, sedangkan kapasitas oli mesin rata-rata 3,5 liter. Nah, 0,5 liter yang tersisa itu biasanya mereka simpan dengan harapan bisa digunakan di 6 bulan berikutnya. Hal itu sebaiknya tidak dilakukan,” ujar Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi dalam sesi virtual, Kamis (17/12/2020).

Anjar melanjutkan, walau setelah dipakai kemasan oli tersebut disimpan dalam kondisi tertutup rapat, tetap akan mengalami proses oksidasi yang pada akhirnya akan mengubah kualitas dan perfoma dari oli itu sendiri.

Oksidasi oli mesin adalah tercampurnya oli mesin dengan oksigen atau udara, udara itu nantinya akan membawa uap air. Nantinya, hal tersebut akan memengaruhi kondisi oli, di mana oksidasi akan mengubah wujudnya menjadi lebih kental bahkan menimbulkan endapan.

"Saat pertama kali beli oli kan ada seal-nya. Itu lah yang menjaga oli dari udara, panas, dan air hujan agar tidak terkontaminasi. Apabila telah dibuka, otomatis akan terjadi perubahan kualitas dan perfoma dari oli mesin itu sendiri,” kata Anjar.

Apabila menemukan kondisi di atas, ada baiknya tidak memasukkannya ke dalam mesin. Karena, bisa berakibat fatal dan merusak komponen lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Punya Sisa Oli Bekas Pakai, Apakah Bisa Digunakan Lagi?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/18/160100615/punya-sisa-oli-bekas-pakai-apakah-bisa-digunakan-lagi-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm