Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK)

Agar Awet Dan Tidak Kering, Berikut 5 Cara Tepat Menyimpan Jahe

19 Desember 2020 11:11 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu bumbu yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia adalah jahe. Dalam pembuatan wedang minuman hangat khas Indonesia, jahe umun dijadikan sebagai bahan penting. Namun, sayangnya jahe merupakan bumbu segar yang mudah mengering. Ditandai dengan rimpang yang lunak dan menyusut, ketika dibiarkan berada di dapur dalam waktu lebih dari seminggu bahkan bisa berjamur. Jika sudah demikian, jahe tidak berfungsi maksimal untuk digunakan dalam bumbu masakan maupun bahan wedang. Melasir dari Food NDTV dan Foodal ada beberapa cara tepat menyimpan jahe supaya awet tidak kering, seperti berikut.

1. Simpan jahe di dalam kantong kertas atau tisu dapur

Dengan dikemas dalam kantong kertas atau tisu dapur, Jahe bisa lebih tahan lama disimpan. Letakan ke dalam kulkas atau freezer.  Jahe yang dibungkus ini tidak akan terkena udara dan kelembapan dalam kulkas sehingga akan tahan lama disimpan.

2. Simpan dalam air asam

Jahe yang sudah dikupas bisa disimpan di dalam wadah bertutup berisi cairan asam, seperti air lemon, air jeruk nipis, dan cuka. Kandungan asam yang tinggi mampu menjaga kesegaran dari jahe. Namun, air asam ini akan sedikit mengubah rasa.

3. Dibekukan

Jahe bisa awet disimpan jika dibekukan. Caranya bersihkan, kupas potong-potong jadi beberapa bagian atau cincang jahe, letakkan di atas nampan dan bekukan di freezer. Setelah membeku, simpan jahe beku ini di dalam wadah kedap udara. Jahe bisa dibekukan hingga enam bulan dan tidak akan kehilangan rasa khasnya meski sudah disimpan lama.

4. Simpan di dalam kulkas

Tanpa dibekukan, jahe juga tetap bisa awet disimpan di kulkas pada suhu chiller. Masukan rimpang jahe yang sudah dibersihkan ke dalam kantong plastik. Keluarkan udara yang ada di dalam plastik lalu tutup plastik tersebut. Terakhir, masukkan ke dalam kulkas pada bagian chiller, jahe akan tetap segar lebih dari sebulan

5. Jauhkan dari sinar matahari

Jahe tetap bisa disimpan pada suhu ruang jika di rumah mu tidak ada kulkas. Namun, daya simpannya akan lebih singkat sekitar satu minggu. Cara simpannya, letakkan jahe di atas piring atau keranjang. Jauhkan dari sinar matahari dan jahe bisa bertahan satu minggu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Simpan Jahe agar Tetap Segar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/18/091200675/5-cara-simpan-jahe-agar-tetap-segar?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm