Ilustrasi tahu aci goreng khas Tegal, tahu putihg isi campuran tapioka dan terigu.
Ilustrasi tahu aci goreng khas Tegal, tahu putihg isi campuran tapioka dan terigu. ( SHUTTERSTOCK/SITI MUTMAINAH)

Berikut Ini Cara Membuat Tahu Aci Goreng, Kuliner Khas Tegal

19 Desember 2020 11:18 WIB

SonoraBangka.id - Tahu aci goreng cocok buat ngemil atau kamu jual untuk menambah penghasilan di masa ini. Tahu aci merupakan kuliner khas Tegal yang berbahan dasar tahu, aci, dan bumbu. Kemudian digoreng sampai garing. Bahan dan cara membuatnya mudah jadi tidak akan mengganggu waktu kegiatan lain. Tekstur luarnya crispy sedangkan dalamnya lembut dan kenyal. Langsung saja praktik membuat tahu aci goreng untuk 10 porsi sesuai buku "Gurih-Gurih Club Hits di Instagram - Resep Jajanan & Camilan Laris Dijual" karya Dhila Sina terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Resep tahu aci goreng

Bahan

  • 5 buah tahu putih
  • 100 gram tepung tapioka
  • 4 sdm tepung terigu
  • 100 ml air mendidih
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 1 bawang daun seledri, ambil daunnya dan iris halus
  • Garam dan kaldu bubuk sesuai selera
  • Air secukupnya

Cara membuat tahu aci goreng

  1. Potong tahu jadi 2 bagian segitiga. Masing-masing irisan segitiga belah 2.
  2. Kerat satu sisi tahu yang akan ditempeli adonan. Rendam tahu dengan sedikit air dan garam.
  3. Campur air mendidih dengan bawang putih halus, garam, dan kaldu bubuk. Aduk rata.
  4. Siapkan wadah. Masukkan tepung terigu, tepung tapioka, larutan air mendidih, daun bawang, dan seledri. Aduk sampai rata.
  5. Ambil 1 potong tahu, beri 1 sendok makan adonan aci di bagian yang sudah dikerat. ratakan dan lebihkan sampai ke pinggir agar tidak lepas.
  6. Goreng dalam minyak panas pakai api sedang-kecil. Kalau sudah kecoklatan dan adonannya matang, angkat. Tiriskan. Sajikan tahu aci goreng dengan sambal kecap.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Tahu Aci Goreng Khas Tegal buat Ngemil dan Jual Online", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/18/080800575/resep-tahu-aci-goreng-khas-tegal-buat-ngemil-dan-jual-online.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm