Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Efektif Bunuh Kuman, Begini Cara Gunakan Cairan Alkohol dengan Benar

19 Desember 2020 15:59 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini produk kesehatan yang dicari banyak orang sejak mewabahnya pandemi Covid-19 adalah hand sanitizer atau pembersih tangan.

Produk satu ini memiliki kandungan alkohol yang bisa membersihkan tangan dengan cara membunuh kuman dan virus yang menempel, serta menjadi alternatif jika kita kesulitan mendapatkan sabun dan air saat berada di luar rumah.

Menurut syudi, pembersih tangan berbahan dasar alkohol bisa membunuh kuman dan virus, selama digunakan dengan benar, menurut studi.

Hand sanitizer berbasis alkohol mendapati pembersih dengan kandungan 60-95% persen alkohol efektif membunuh kuman.

Namun, temuan tersebut menyatakan kita perlu menerapkan cairan pembersih sebanyak 2,4 mililiter ke tangan selama 25-30 detik.

Pembersih tangan berbasis alkohol harus mengandung setidaknya 60 persen alkohol agar dapat membunuh kuman dengan menghancurkan dinding selnya, demikian diungkapkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Beberapa pembersih tangan mengandung zat aditif seperti lidah buaya untuk membuat cairan lebih melembapkan tangan, atau karbomer yang mengubah konsistensi.

Kandungan lain di dalam hand sanitizer adalah isopropil atau etil alkohol.

"Etil alkohol akan membunuh virus, jamur, dan bakteri, tetapi tidak membunuh spora bakteri," kata Johannes Wessolly, Medical Director di Miskawaan Health Group.

"Bergantung pada jenis alkohol yang digunakan, alkohol dapat membunuh atau membuat berbagai jenis kuman menjadi tidak aktif."

Etanol merupakan pembunuh virus yang efektif melawan infeksi seperti herpes dan flu, sedangkan isopropil lebih efektif melawan bakteri.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm