Ilustrasi cumi segar.
Ilustrasi cumi segar. ( SHUTTERSTOCK/PORING STUDIO)

Agar Tetap Segar Dan Tidak Bau, Berikut Cara Menyimpan Cumi-Cumi

21 Desember 2020 10:57 WIB

SonoraBangka.id - Jika tidak disimpan dengan benar, cumi-cumi mudah akan mudah sekali bau. Akibatnya, aroma amis cumi bisa menyeruak hingga memenuhi kulkas. Cumi sendiri merupakan hewan laut yang kaya akan gizi. Karena teksturnya kenyal dan rasanya gurih sehingga cumi-cumi disukai oleh banyak orang. Dilansir dari The Spruce Eats, berikut cara simpan cumi di kulkas yang bisa kamu praktikkan.

Cara simpan cumi segar di kulkas

Menurut Yummy.ph, cara simpan cumi yang masih segar adalah potong bagian kepala, buang kantong tinta, potong tentakel, dan buang paruh di tentakel. Bersihkan dulu cumi segar yang baru saja dibeli dari pasar atau supermarket. Setelah membersihkan cumi segar, simpan di dalam wadah kedap udara dan taruh di lemari es. Jika kamu ingin menyimpan cumi segar dengan jangka waktu yang lama, kamu bisa menyimpannya di kantong plastik dan taruh di freezer. Cumi segar yang dibekukan di freezer bisa disimpan selama 3 sampai 6 bulan kedepan.

Cara simpan cumi yang sudah dimasak di kulkas

Cumi yang sudah dimasak masih dapat dimasak kembali nantinya. Caranya tuang cumi di dalam wadah kedap udara dan bekukan di freezer. Metode penyimpanan ini bisa membuat cumi awet hingga 2 bulan.

Cara simpan cumi beku di kulkas

Setelah kamu membelinya, kamu harus memasukkan kembali cumi beku ke dalam freezer segera agar tetap segar hingga beberapa bulan ke depan. Jangan terlalu lama dibiarkan di suhu ruangan hingga mencair. Hal itu untuk menjaga cumi tetap lembut dan kenyal saat dimasak nanti. Untuk mencairkan cumi beku, kamu bisa menaruh satu kantong cumi beku di sebuah baskom berisikan air dingin. Rendam hingga setengah jam. Jika kamu ingin mencairkannya segera, kamu bisa menggunakan microwave.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Cumi di Kulkas, Tetap Segar dan Tidak Bau", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/20/101000475/cara-simpan-cumi-di-kulkas-tetap-segar-dan-tidak-bau?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm