Warga menemukan bayi dugong di Pantai Tanjung Ular, Muntok, Bangka Barat.
Warga menemukan bayi dugong di Pantai Tanjung Ular, Muntok, Bangka Barat. ( Ist/Langka Sani)

Anak Dugong Terdampar Akibat Cuaca Buruk, Alobi Babel Lakukan Evakuasi

21 Desember 2020 11:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Akibat cuaca buruk, dikabarkan satu anak dugong terdampar di Pantai Tanjung Ular, Muntok, Kabupaten Bangk Barat.

Mendapat laporan tersebut, Alobi Foundation Bangka Belitung pun segera datang ke lokasi untuk mengevakuasi satu anak dugong tersebut.

Kegiatan evakuasi dan penyelamatan satwa yang dilindungi ini dilakukan Alobi bersama Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Bangka Belitung (Babel), Dinas Kehutanan Bangka Belitung dan satgas pramuka.

"Saat ini kita sedang menuju lokasi, jadi ada laporan bayi dugong yang terdampar karena cuaca buruk ini. Alobi dapat informasi itu semalam, kita langsung kontak BKSDA, dishut dan satgas pramuka untuk hari ini mengevakuasi dugong tersebut," ungkap Langka dikutip dari Bangkapos.com, Senin (21/12/2020).

Menurutnya, anak dugong ini sudah diselamatkan warga sekitar dan ditemukan tujuh hari yang lalu.

Anak Dugong ini ditemukan dalam kondisi ada luka, Langka memprediksikan luka tersebut bisa saja dikarenakan bayi dugong yang masih kecik terkena kayu atau karang di lautan.

"Diperkirakan memang masih bayi, kira-kira umur satu bulan memang masih menyusui, pisah dari induknya, luka-luka itu mungkin karena terdampar tadi kena kayu atau karang," jelas Langka

"Rencanannya dugong tersebut karena memang ada luka di bagian tubuhnya, kami bawa dulu ke Pantai Tongaci, Sungailiat untuk dirawat jalan," lanjutnya.

Sekitar dua atau tiga bulan, dugong sudah dinyatakan pulih dan sehat kembali maka akan dilepasliarkan ke habitatnya.

"Ini merupakan hewan yang hampir punah, yang dilindungi dunia dan sangat kritis populasinya," kata Langka.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Akibat Cuaca Buruk, Anak Dugong Terdampar di Pantai Muntok, Alobi Bangka Belitung Lakukan Evakuasi

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm