Ilustrasi penjualan mobil. (Nikkei)
Ilustrasi penjualan mobil. (Nikkei) ( kompas.com)

Jelang Akhir Tahun, Ini Penjualan 5 Besar Merek Mobil Terlaris di Indonesia

21 Desember 2020 21:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Terjadinya Pandemi virus corona alias Covid-19 terbukti mampu merubah peta persaingan industri otomotif dalam negeri seiring dengan perubahan daya beli dan langkah strategis tiap pabrikan.

Masalahnya, banyak masyarakat yang melakukan penundaan belanja barang tersier seperti mobil di tengah pandemi karena adanya peralihan kebutuhan. Sementara aktivitas industri sempat melandai setelah berbagai wilayah menerapkan pembatasan lewat PSBB.

Kendati demikian, jelang akhir 2020, lima merek mobil terlaris di Indonesia masih belum banyak berubah dari tahun sebelumnya. Toyota dan Daihatsu masih memimpin pasar dengan penguasaan masing-masing 30 persen serta 17,7 persen.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo), penjualan pabrik ke diler (wholesales) Toyota pada Januari-November 2020 mampu mencapai 142.569 unit sementara retail sales-nya 159.450 unit.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan, hal tersebut dapat diperoleh karena perseroan kerap melakukan terobosan menarik di samping memperkenalan 13 produk (termasuk penyegaran) baru pada tahun ini.

Beberapa diantaranya ialah Agya facelift, Toyota Prius PHEV, Corolla Cross, Kijang Innova TRD Sportivo, Fortuner facelift, sampai GR Supra facelift.

Berada di urutan kedua, masih ditempati oleh Daihatsu yang sukses mencapai penjualan wholesales sebanyak 84.243 unit dan penjualan ritel 90.823 unit. Secara keseluruhan, pangsa pasar aliansi Toyota ini berada di level 17,7 persen.

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menyatakan, hingga bulan ke-11 tahun ini Daihatsu Sigra menjadi model andalan pabrikan dengan penjualan 24.021 unit. Lalu, diikuti oleh GranMax Pick-Up sebanyak 21.699 unit.

Adapun kontributor penjualan ketiganya diisi oleh Daihatsu Terios yang sukses menemui 13.198 pembeli, tak jauh berbeda dengan Daihatsu Ayla yang mencapai 11.587 unit. Adapun Daihatsu Xenia masih terpuruk dengan 8.608 unit.

Tepat berada di bawahnya, ada Honda yang berhasil mempertahankan posisi dengan capaian wholesales sebanyak 65.868 unit (13,9 persen) dan penjualan retail 69.564 unit (13,6 persen).

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm