Ilustrasi
Ilustrasi ( kompas.com)

Agar Tidak Mudah Layu, Berikut Cara Menyimpan Bayam Di Kulkas

22 Desember 2020 10:10 WIB

SonoraBangka.id - Bayam merupakan sayuran yang harganya tergolong terjangkau sehingga dikonsumsi banyak orang serta mudah ditemui di Indonesia. Namun,  jika tidak segera diolah bayam juga termasuk sayuran yang mudah layu.  Berikut cara menyimpan bayam agar tetap segar dari Leaf:

1. Bungkus bayam dengan kertas

Kamu akan mendapatkan sekantong plasik berisikan sayur hijau ini, saat membeli bayam di pasar atau supermarket. Kantong plastik yang sering dibuka tutup bisa mempengaruhi kelembaban bayam dan bisa merusak daunnya. Cepat keluarkan bayam dan jangan mencuci bayam. Bungkus bayam dengan selembar kertas dan masukkan ke dalam kantong plastik. Kemudian simpan bayam di dalam kulkas. Bayam yang disimpan dengan metode ini mampu bertahan selama sekitar tujuh hari dengan kondisi yang masih segar.

2. Simpan bayam di dalam wadah kedap udara

Kamu tetap bisa menyimpannya di kulkas, jika kamu terlanjur mencuci bayam. Cara menyimpannya adalah dengan menempatkan bayam yang sudah dicuci di sebuah keranjang jaring plastik. Tunggu hingga bayam benar-benar kering. Letakkan bayam di sebuah wadah kedap udara yang sudah dilapisi tisu. Tutup wadah untuk menjaga tingkat kelembabannya. Cara ini bisa membuat daun bayam tetap segar selama sekitar sepuluh hari di kulkas.

3. Simpan bayam di suhu kulkas yang tepat

Cara menyimpan bayam agar tidak mudah layu yang selanjutnya adalah mengatur suhu yang tepat untuk sayuran di kulkas. Idealnya, suhu untuk menyimpan bayam adalah nol hingga dua derajat Celsius. Langsung simpan bayam maksimal dua jam setelah pembelian. Hal itu untuk menjaga bayam tetap segar dan kondisi bayam masih lembab.

4. Cara memilih bayam

Setelah mengetahui cara simpan bayam di kulkas, sebaiknya kamu tepat dalam memilih bayam yang bagus. Seperti yang dilansir dari Kitchensanity, carilah daun bayam yang berwarna hijau tua dan beraroma segar. Hindari daun bayam yang berbintik, berwarna cokelat, atau kuning. Jangan pilih daun bayam yang berwarna gelap dan berlendir karena baunya apak. Carilah daun bayam muda yang batangnya tipis, karena masih bisa disimpan lama di kulkas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Simpan Bayam di Kulkas agar Tidak Mudah Layu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/21/121600075/3-cara-simpan-bayam-di-kulkas-agar-tidak-mudah-layu?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm