Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka menggelar kegiatan peningkatan pemberdayaan petani di persawahan bekas lahan tambang yang berada di Kelurahan Jelutung, Sungailiat, Selasa (22/12/2020).
Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka menggelar kegiatan peningkatan pemberdayaan petani di persawahan bekas lahan tambang yang berada di Kelurahan Jelutung, Sungailiat, Selasa (22/12/2020). ( Diskominfotik Bangka/ A. Mangatas)

Ingin Tingkatkan Produksi Padi, Bupati Bangka Minta Optimalkan Lahan Sawah

23 Desember 2020 11:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka menggelar kegiatan peningkatan pemberdayaan petani di persawahan bekas lahan tambang yang berada di Kelurahan Jelutung, Sungailiat, Selasa (22/12/2020).

 

Bupati Bangka, Mulkan yang hadir dalam kegiatan tersebut, meminta kepada seluruh petani untuk mengoptimalkan lahan persawahan yang telah dicetak.

"Saat ini percetakan lahan sawah di Kabupaten Bangka sebanyak 2.948,41hektar, tetapi yang baru termanfaatkan baru sebatas 1991,1 hektar. Ini menandakan pemanfaatan belum maksimal sehingga kami meminta kepada seluruh petani melalui Dinas Pertanian untuk memaksimalkan sumber ini," ungkap Mulkan.

Menurutnya, dengan memaksimalkan lahan percetakan sawah, tentu akan dapat meningkatkan produksi padi di Kabupaten Bangka.

Sehingga, kedepannya Kabupaten Bangka dapat memenuhi kebutuhan beras secara mandiri tanpa adanya ketergantungan beras dari luar daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, Elius Gani menuturkan, hingga Bulan November produksi beras di Kabupaten Bangka tercatat sebanyak 6.903 ton.

Jumlah tersebut hanya mampu memenuhi kebutuhan bagi 19% dari total kebutuhan beras masyarakat Kabupaten Bangka.

"Produksi beras hingga bulan November 2020 hanya mampu memenuhi 19% dari kebutuhan beras kita. Tetapi angka ini meningkat dari tahun sebelumnya dan menambah motivasi kami untuk terus meningkatkan produksi beras di Kabupaten Bangka," kata Elius.

Untuk menyikapi hal tersebut, Elius mengungkapkan bahwa berbagai inovasi dan pemberdayaan petani telah dilakukan oleh Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka.

Salah satu diantaranya yaitu menciptakan inovasi 'Abang Timah untuk Bu Disa' yang bertujuan memanfaatkan lahan bekas tambang timah untuk budidaya padi.

Inovasi tersebut telah berhasil dibuktikan di lahan persawahan Kelurahan Sinar Jaya Jelutung bahkan mendapatkan penghargaan dalam ajang Sinovik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Sehingga, menurutnya, diharapkan kedepan dapat lebih memotivasi untuk meningkatkan produksi beras.

Dalam kesempatan itu, selain memberikan motivasi bagi kelompok tani masyarakat, Mulkan juga menyerahkan secara simbolis sapi kepada kelompok ternak masyarakat.

Sebanyak 150 ekor sapi diserahkan kepada kelompok ternak sapi yang ada di Kabupaten Bangka.

"Melalui dana DID tambahan tahun 2020 ini kita memberikan bantuan sapi sebanyak 150 ekor. sapi tersebut akan dibagikan kepada 31 kelompok ternak masyarakat yang ada di 27 desa kelurahan Kabupaten Bangka," tutur Elius.

Turut hadir juga Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Bangka, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka serta Kepada Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka sebagai tamu undangan. Turut hadir juga perwakilan dari BPTP Provinsi Bangka Belitung sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

SumberDiskominfotik Bangka
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm