Ilustrasi
Ilustrasi ( www.alodokter.com)

Berikut Ini Cara Menyimpan Tomat Yang Benar Di Kulkas Agar Tidak Busuk

26 Desember 2020 11:32 WIB

SonoraBangka.id - Buah tomat banyak dimanfaatkan untuk memasak karena rasanya yang asam segar.  Sayangnya, jika tidak disimpan dengan benar tomat mudah membusuk. Cara terbaik menyimpan tomat, tergantung pada suhu dan waktu saat menyimpan. Tidak melulu harus disimpan di kulkas.  Perhatikan juga tingkat kematangan tomat yang menentukan cara simpan tomat. 

Cara simpan tomat mentah

Jika kamu membeli tomat yang belum matang, seperti yang dilansir dari Epicurious, ada baiknya untuk membiarkannya tetap di atas meja dapur tanpa dibungkus apapun. Jangan dulu menyimpan tomat mentah di dalam kulkas karena suhu dingin lemari es bisa merusak rasa, kulit, dan teksur tomat akan jadi lembek.

Cara simpan tomat matang di kulkas

Dilansir dari Food52, tomat yang matang bisa disimpan di dalam kulkas hingga satu minggu. Terkadang tomat yang dibeli sudah matang dan siap makan, tetapi masih belum ingin dimakan. Sematkan selotip di bagian lubang bekas batang tomat. Kemudian simpan di lemari dengan suhu sekitar 12 derajat Celsius. Selotip di bagian lubang bekas batang tomat untuk menjaga tomat tidak cepat matang. Cara menata tomat di rak lemari es juga perlu diperhatikan. Pastikan tidak menyimpan tomat di rak yang sama dengan bahan makanan yang mengandung etanol, seperti apel, kentang, atau jagung. Tata tomat dengan bagian lubang bekas batang menghadap ke bawah.

Cara simpan tomat terlalu matang di kulkas

Sebenarnya, lemari es bisa berfungsi menghentikan proses pematangan pada tomat. Namun, kalau tomat yang sudah kamu simpan dirasa terlalu matang ada baiknya untuk langsung diolah menjadi saus tomat. Kamu bisa menyimpannya dengan zipper lock bag dan simpan di freezer. Kamu masih bisa menikmati saus tomat hingga enam bulan kedepan.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Tomat di Kulkas agar Tidak Mudah Busuk", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/24/101200175/cara-simpan-tomat-di-kulkas-agar-tidak-mudah-busuk.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm