Ilustrasi
Ilustrasi ( cookpad.com)

Resep Selai Srikaya Rasa Pandan Untuk Olesan roti Tawar Saat Sarapan

27 Desember 2020 06:52 WIB

SonoraBangka.id - Roti panggang selai kaya adalah sarapan khas di Singapura yang disandingkan dengan kopi mentega. Selai srikaya merupakan olesan yang terbuat dari santan, telur, dan gula. Bisa ditambah perasa atau pewarna seperti pandan. Di Singapura, selai ini disebut kaya dan menjadi olesan roti panggang sehingga namanya kaya toast. Kamu dapat temukan selai srikaya di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Thailand. Kamu dapat membuat selain srikaya sendiri di rumah untuk olesan roti sesuai resep dari Nyonya Cooking.

Resep selai srikaya

Bahan

  • 7 lembar daun pandan
  • 50 ml air
  • 5 telur
  • 200 gram gula
  • 250 ml santan

Cara membuat selai srikaya

  1. Masukkan daun pandan dan air dalam blender, campur rata. Saring untuk menghasilkan ekstrak daun pandan. Sisihkan.
  2. Campur telur, gula, dan santan. Aduk sampai gula larut. Tambahkan 10 mililiter ekstrak daun pandan.
  3. Masukkan adonan ke dalam wadah tahan panas. Siapkan panci berisi air mendidih di atas kompor. Letakkan wadah di atas panci. Masak selama 10 menit sampai adonan mengental. Aduk terus supaya tidak menggumpal.
  4. Dinginkan selai srikaya. Oleskan pada roti tawar. Sisanya, masukkan ke stoples kaca dan simpan dalam kulkas. Selai srikaya bisa awet 1-2 bulan.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Selai Srikaya Rasa Pandan, Buat Olesan Roti Tawar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/26/080800575/resep-selai-srikaya-rasa-pandan-buat-olesan-roti-tawar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm