Ilustrasi
Ilustrasi ( REUTERS/MARIO ANZUONI )

Bagaimana Mencegah Virus Corona Masuk ke dalam Rumah ? Ini Tipsnya

28 Desember 2020 10:36 WIB

SonoraBangka.id - Di masa pandemi seperti saat ini, membatasi aktivitas di luar dan lebih banyak berada di dalam rumah akan baik dilakukan guna mengurangi risiko kita terinfeksi Covid-19.

Tapi, di saat kita berbelanja kebutuhan rumah tangga secara online dan diantarkan oleh kurir, kita tidak mengetahui apakah barang yang kita beli terkontaminasi virus corona atau tidak.

Para ahli yakin, Covid-19 menyebar dari satu orang ke orang lain lewat droplet atau tetesan liur di saat seseorang yang terinfeksi virus berbicara, batuk, atau bersin.

Centers for Disease Control and Prevention menyebut, seseorang kemungkinan dapat terinfeksi Covid-19 apabila menyentuh permukaan atau sesuatu yang terkontaminasi virus kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata.

Namun, hal itu bukan cara umum virus corona menginfeksi seseorang.

Satu hal yang pasti, ada beberapa hal yang berpotensi "membawa" virus corona masuk ke dalam rumah.

Oleh sebab itu, kita wajib memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dari orang lain guna mencegah paparan virus di luar rumah.

Kemudian, apakah kita juga harus menerapkan tindakan pencegahan atau berhati-hati saat di rumah?

Bisakah permukaan meja, kursi, jendela, dan berbagai perabotan di rumah kita terkontaminasi virus?

Penelitian menunjukkan bahwa virus corona dapat bertahan di permukaan selama berjam-jam atau beberapa hari, tergantung jenis permukaannya.

"Tapi apakah itu dapat membuat seseorang terinfeksi? Itu pertanyaan sebenarnya, dan menurut saya jawabannya tidak," kata spesialis penyakit menular Kristin Englund, MD.

"Hanya ditemukan sedikit bukti dari orang-orang yang tertular Covid-19 dari permukaan."

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm