Beberapa perahu nelayan Sungailiat bermesin dalam yang baru pulang melaut terlihat berhenti atau labuh jangkar di depan mulut muara Air Kantung Sungailiat, Senin (28/12/2020) sore sekitar pukul 17.30 WIB.
Beberapa perahu nelayan Sungailiat bermesin dalam yang baru pulang melaut terlihat berhenti atau labuh jangkar di depan mulut muara Air Kantung Sungailiat, Senin (28/12/2020) sore sekitar pukul 17.30 WIB. ( Bangkapos.com/ Edwardi)

Air Laut Surut, Perahu Nelayan Tak Bisa Menepi ke Muara Air Kantung

29 Desember 2020 14:48 WIB

 

SONORABANGKA.ID - Baru pulang melaut, sejumlah perahu nelayan Sungailiat bermesin dalam tampak berhenti atau labuh jangkar di depan mulut muara Air Kantung Sungailiat, Senin (28/12/2020) sore sekitar pukul 17.30 WIB.

Perahu nelayan tak dapat menepi karena pada saat air laut sedang surut kondisi kawasan perairan laut di depan mulut muara Air Kantung sangat dangkal.

Dua alat berat milik PT Pulomas Sentosa pun terlihat terus bekerja mengeruk pasir laut untuk membuat alur muara agar bisa dilalui perahu para Nelayan yang berlabuh tambat di dermaga PPN Sungailiat.

Nelayan Parit Pekir, Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Ali mengungkapkan kondisi air laut sore ini surut jauh, sehingga beberapa perahu nelayan yang baru pulang melaut tidak berani masuk ke dalam mulut muara Air Kantung.

 

"Kalau kita paksakan lewat saat air surut seperti ini sangat berbahaya, perahu bisa menyangkut di pasir sehingga perahu tidak bisa bergerak. Bila ada datang gelombang air laut besar dan angin kencang ini sangat berbahaya bisa memecahkan badan perahu," ucap Ali.

Ia mengungkapkan, saat ini air laut mulai pasang pada pukul 02.00 dini hari nanti dan diperkirakan pada pagi hari pukul perahu-perahu 05.00 atau 06.00 WIB pagi nanti baru perahu-perahu itu bisa masuk ke dalam melalui mulut muara Air Kantung.

"Itulah sebabnya mereka saat ini berlabuh di depan mulut muara Air Kantung sambil menunggu air laut pasang pada besok pagi," jelasnya.

Dilansir dari bangkapos.com, di lokasi muara Air Kantung hampir setiap sore menjelang malam kawasan ini selalu ramai dikunjungi warga dan muda-mudi.

Mereka datang sambil berwisata bersama keluarganya di kawasan gundukan pasir PT Pulomas Sentosa dan bibir pantai sambil melihat aktivitas pengerukan pasir laut di mulut muara Air Kantung oleh dua alat berat excavator milik PT Pulomas Sentosa.

Sementara kondisi cuaca terlihat cukup tenang, gelombang air laut kecil dan hembusan angin juga tidak kuat.

Artikel ini telah tayang di bangka   pos.com dengan judul Air Laut Surut, Nelayan Sungailiat Tidak Bisa Masuk Muara Air Kantung

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm