Ilustrasi
Ilustrasi ( vegetafruit.com )

Jangan Tertipu Dengan Warna Merah, Berikut Tips Memilih Rambutan Manis

30 Desember 2020 11:30 WIB

SonoraBangka.id - Pecinta rambutan seakan tergoda ketika melihat buah rambutan yang memiliki warna merah terang terlihat memiliki rasa yang manis dan buah yang tebal. Sayangnya, walaupun berpenampilan merah merona tidak semua rambutan memiliki rasa yang manis. Terkadang rambutan berawarna merah malah memiliki daging buah yang asam. Sebaliknya, rambutan yang tidak terlihat merah dan besar bisa jadi punya rasa yang manis dan buahnya tebal. Peneliti Pusat Kajian Hortikulturan Tropika, IPB, Prof Dr. Sobir memberi tips memilih rambutan manis, saat wawancara bersama Kompas.com

1. Perhatikan jenisnya

Masing-masinh jenis rambutan memiliki karakter rasa dan tekstur daging yang khas. Rambutan memiliki jenis yang beragam dan tidak bisa diprediksi rasa dari penampilan luarnya. Sebagai contoh, jenis rambutan rapiah. Rambutan jenis ini memiliki penampilan luar kurang menggoda. Warna kulit hijau, ukurannya tidak terlalu besar bahkan cenderung kecil.   Rambutan ini juga tidak memiliki rambut tebal dan panjang. Namun, rasa rambutan rapiah terkenal manis legit. Dagingnya tidak melekat di biji, serta memiliki kandungan air yang sedikit. Lalu, ada rambutan binjai yang memiliki ukuran yang sedang dan penampilannya lumayan menarik. Dagingnya legit, tidak telalu basah, manis, dan tidak melekat di biji. Varian lain ada rambutan aceh. Rambutan jenis ini memiliki ukuran buah yang relatif besar. Daging yang tidak menempel di biji, tetapi airnya cukup banyak.

2. Pilih rambutan lokal

Setiap jenis varian rambutan lokal memiliki rasa yang tak sama dan karakter berbeda, karena rambutan lokal memiliki rasa yang khas. sehingga membuatnya unggul. Beberapa rambutan tersebut yakni, rambutan pirba, rambutan asmara, rambutan arialaka, rambutan walahar, rambutan mubin, rambutan sibatulawang, dan rambutan zainal mahang. Kemudian rambutan parakan, rambutan kundur, rambutan tangkue lebak, rambutan brahrang, rambutan narmada, rambutan nona, rambutan antalagi, dan rambutan sibingkok. Lalu rambutan sibatuk ganal, rambutan garuda, rambutan binjai, rambutan rapiah, dan rambutan lebak bulus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Cara Pilih Rambutan Manis, Jangan Tertipu Warna Merah ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/29/181200775/cara-pilih-rambutan-manis-jangan-tertipu-warna-merah-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm