Ilustrasi cumi-cumi bakar.
Ilustrasi cumi-cumi bakar. ( PIXABAY/PEGGY UND MARCO LACHMANN-ANKE)

Berikut Ini Cara Bakar Cumi-Cumi Yang Benar Agar TakMenjadi Alot

30 Desember 2020 12:08 WIB

SonoraBangka.id - Cumi-cumi bisa menjadi alot seperti karet kalau terlalu lama dimasak. Bisa dibilang cara membakar cumi-cumi susah-susah gampang. Pasalnya, kamu harus memperhatikan durasi masak cumi-cumi agar tidak alot. Bukan hanya mengubah teksturnya saja, durasi masak yang salah bisa membuat cita rasa cumi-cumi menjadi tidak enak. Berikut ini cara bakar cumi-cumi yang benar untuk menghindari cumi menjadi alot,

Cara memilih cumi-cumi untuk dibakar

Cumi-cumi segar dilansir dari Fine Cooking, biasanya masih memiliki aroma laut. Selain itu, cumi juga masih memiliki daging yang putih berkilau dan tidak kempes. Dibagian tubuhnya masih ditutupi dengan selaput abu-abu keunguan. Selaput ini sebenarnya masih bisa dimakan, tapi sering kali dibuang karena rasanya yang pahit.

Cara potong cumi untuk dibakar

Kunci membakar cumi-cumi agar tidak alot ada pada cara memotongnya. Potong cumi melintang berbentuk cincin. Kamu juga bisa potong memanjang menjadi strip. Siapkan pisau tajam. Potong tentakel di bawah mata cumi-cumi. Kemudian, potong sayap di sisi tubuh. Gunakan bagian sisi pisau yang tumpul untuk melepas kulit terluar cumi-cumi. Tarik sampai kulitnya mengelupas.

Cara bakar cumi agar tidak alot
Cara membakar cumi-cumi juga menentukan agar hasilnya tidak alot selain harus memperhatikan teknik memotongnya. Dilansir dari Epicurious, rendam cumi-cumi yang sudah dipotong dengan bumbu olesan selama 30 menit. Kemudian, siapkan panggangan dan panaskan terlebih dahulu. Atur api besar. Olesi bagian atas panggangan dengan minyak sedikit. Kalau panggangan sudah panas, keluarkan cumi-cumi dari bumbu rendaman. Letakkan cumi-cumi di atas panggangan. Bakar dalam waktu 4 menit. Selama 4 menit itu, bolak balik cumi-cumi agar dagingnya tidak menjadi alot. Kalau sudah 4 menit, angkat dan sajikan dengan bumbu yang sudah dibuat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Bakar Cumi Pakai Grill Biar Tidak Alot dan Bumbu Meresap", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/29/153102075/cara-bakar-cumi-pakai-grill-biar-tidak-alot-dan-bumbu-meresap.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm