Ilustrasi mengelola keuangan
Ilustrasi mengelola keuangan ( Dok. HaloMoney.co.id)

Tahun 2021, Yuk Saatnya Kita Perbaiki Cara Mengatur Keuangan

30 Desember 2020 20:33 WIB

SonoraBangka.id - Masa pandemi ini mengajarkan kita banyak hal. Salah satunya adalah pentingnya memiliki dasar keuangan yang kuat.

Untuk mengatur keuangan pribadi, tidak perlu memiliki gaji besar terlebih dahulu.

Menyambut tahun baru, cobalah mulai memperbaiki anggaran pengeluaran pribadi sehingga kita bisa mencapai tujuan keuangan.

Berapa pun gaji kita, memiliki anggaran yang cermat akan menyelamatkan kita dalam situasi sulit.

Berikut ini ada lima tips sederhana yang dapat dilakukan kaum muda agar dapat mengatur keuangan dengan cermat dan mulai berinvestasi di masa pandemi.

1. Menyiapkan dana darurat

Davinia Tomlinson, pendiri perusahaan keuangan Rainchq, mengatakan, penting sekali memilah tabungan dan menyiapkan dana darurat untuk peristiwa kehidupan yang tidak terduga.

"Tetap menabung dan menyisakan dana darurat karena tahun ini telah membuktikan kalau kita tidak akan pernah bisa terlalu tangguh secara finansial," terangnya.

Ditambahkannya, memiliki simpanan uang tunai yang kuat sebagai cadangan akan memberikan ketenangan pikiran.

Menurutnya, tempat yang baik untuk memulai investasi adalah dengan membuka rekening tabungan secara umum.

Namun di sisi lain, pakar keuangan dan pendiri She Can Prosper, Diane Watson merekomendasikan agar kita memiliki rekening terpisah untuk menyisihkan uang.

Dengan begitu, kita akan terbiasa menabung dalam jumlah tertentu, bukan hanya membelanjakannya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm