Ilustrasi Manisan Rambutan
Ilustrasi Manisan Rambutan ( dapurkobe.co.id)

Cara Simpan Manisan Rambutan Dengan Tepat Agar Kualitas Tak Menurun

4 Januari 2021 11:18 WIB

SonoraBangka.id - Jika kamu membuat manisan rambutan dalam jumlah banyak dan harus menyimpan sebagian porsinya, maka kamu harus mengetahui cara menyimpan manisan rambutan dengan tepat agar kualitasnya tidak menurun drastis. “Kalau manisan atau asinan itu (simpannya) di kulkas, karena makanan itu ada cukanya jadi lebih awet. Yang penting di wrapping yah,” jelas Corporate Chef Parador Hotels & Resorts Gatot Susanto kepada Kompas.com.

Cara simpan manisan rambutan di kulkas

Agar tidak terkontaminasi dengan hidangan lain yang disimpan di kulkas maka manisan atau asinan rambutan perlu dibungkus plastik misalnya pakai plastic wrap. Karena dapat merusak tekstur buah sehingga tidak disarankan untuk menyimpan manisan rambutan dalam freezer. Buah rambutan dalam asinan akan berubah tekstur saat dimasukkan ke dalam kulkas. Lebih parahnya lagi jika asinan atau manisan tersebut dicairkan di suhu ruang. Buah akan layu, kusut, dan berubah bentuk. Teksturnya akan layu dan lebih mengarah ke benyek. “Cukup disimpan di chiller saja, jadi enggak usah di freezer. Tapi suhu dalam chiller harus stabil. Dengan kata lain tidak boleh terlalu dibuka tutup (chiller-nya), papar Chef Gatot.

Durasi penyimpanan manisan rambutan

Manisan rambutan  yang disimpan dalam chiller jangka waktunya bisa bervariasi. Hal ini tergantung dari kegunaan chiller. Sebab semakin chiller dibuka tutup, maka suhu akan berubah. Sehingga berpengaruh terhadap kualitas dari manisan atau asinan yang disimpan.
Chef Gatot mengatakan bahwa manisan rambutan dapat bertahan selama lebih kurang satu minggu apabila disimpan dengan baik dalam kulkas. “Lebih baik kalau beli kudapan tersebut sesuai dengan kebutuhan kita. Kalau segar lalu cepat dimakan akan lebih bagus. Penyimpanan yang tidak terlalu lama itu akan lebih bagus. Mungkin sarannya disesuaikan dengan kebutuhan,” jelas Gatot.

Ia mencontohkan, dalam satu minggu kebutuhan makan rambutan sekitar 2-3 porsi. Kamu bisa membeli sebanyak porsi tersebut agar manisan atau asinan rambutan tidak terlalu lama disimpan. Bertujuan juga untuk menghindari manisan rambutan dibuang karena busuk atau kualitasnya buruk. “Jadi kalau tahan 1 minggu itu berdasarkan kondisi di mana tidak buka tutup kulkas. Jadi lama simpan ya tergantung seberapa sering kulkas dibuka dan tutup. Lebih baik kalau saran saya jangan sering buka tutup kulkas,” pungkas Gatot.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Manisan Rambutan di Kulkas, Tahan 1 Minggu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/04/100600275/cara-simpan-manisan-rambutan-di-kulkas-tahan-1-minggu?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm