Tim MotoGP, Repsol Honda, Marc Marquez dan Alex Marquez saat acara Repsol Lubricant Show di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Repsol Honda memperkenalkan kakak beradik Marc dan Alex Marquez sebagai pebalap mereka untuk MotoGP 2020. (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Tim MotoGP, Repsol Honda, Marc Marquez dan Alex Marquez saat acara Repsol Lubricant Show di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Repsol Honda memperkenalkan kakak beradik Marc dan Alex Marquez sebagai pebalap mereka untuk MotoGP 2020. (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG) ( kompas.com)

Alex Marquez Menyampaikan Kakaknya Bisa Absen di MotoGP 2021

4 Januari 2021 21:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pebalap andalan Repsol Honda Marc Marquez diprediksi akan absen dalam pramusim MotoGP 2021.

Hal tersebut disampaikan oleh adik kandungnya, Alex Marquez yang juga merupakan pebalap LCR Honda.

Alex mengatakan, kondisi Marc Marquez terus membaik setiap kali ia menjenguknya. Tapi, dirinya tidak bisa memprediksi tingkat pemulihan sang kakak.

“Masa pemulihan paling cepat berjalan selama tiga bulan, tapi jika ada masalah maka akan membutuhkan waktu cukup lama sekitar enam bulan. Marquez harus melakukan latihan dengan sangat hati-hati dan mengikuti saran dokter,” ujar Alex dikutip dari Motorsport-Total, Senin (4/1/2021).

“Setiap kali saya melihat Marquez, dia memiliki energi besar. Hal terpenting adalah dia harus tetap dalam kondisi tenang,” lanjut Alex.

Marc Marquez sebelumnya telah melakukan operasi penambahan cangkok tulang krista iliaka dengan flap bebas kortikoperiosteal. Operasi tersebut dilakukan karena tulang humerus Marquez yang patah sejak seri pembuka MotoGP di Jerez.

Menurut seorang dokter di IQtra Medicina Avanzada Dokter Angel Villamor, durasi pemulihan tergantung sepenuhnya pada pertumbuhan kalus. Bila segalanya berjalan lancar, The Baby Alien bisa saja pulih dalam kurun waktu dua bulan.

“Jika segalanya berjalan baik, sekiranya dua bulan tubuh Anda bisa membentuk kalus dan bergantung pada humerus untuk menunjang aktivitas fisik. Jika tubuhnya merespons dengan baik, di area itu harus tumbuh kalus yang bisa Anda percaya untuk membantu kembali lagi naik motor,” ujar Dokter Angel Villamor dikutip dari AS.

Sebagai informasi, kalus lunak terbentuk dari sel osteoblas. Sel tersebut kemudian membentuk tulang yang berlubang-lubang pada kolagen, sehingga terbentuk belat alami yang menghubungkan ujung-ujung kedua tulang yang patah.

Oleh sebab itu, pembentukan kalus itu sangat penting bagi proses penyembuhan Marc Marquez.

Tes pramusim MotoGP 2021 akan berlangsung di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, pada 19-21 Februari 2021 mendatang. Sementara untuk musim MotoGP 2021 akan dimulai pada 28 Maret 2021 di Sirkuit Internasional Losail, Qatar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alex Marquez Sebut Kakaknya Bisa Absen di MotoGP 2021", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/04/172100815/alex-marquez-sebut-kakaknya-bisa-absen-di-motogp-2021.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm