Ilustrasi kue macaron.
Ilustrasi kue macaron. ( Dok. Shutterstock)

Berikut Ini Cara Membuat Macaron, Kue Kering Khas Dari Perancis

5 Januari 2021 11:57 WIB

SonoraBangka.id - Kue kering khas Perancis yang terbuat dari meringue atau busa dari putih telur dan gula adalah macaron. Apabila berhasil membuat macaron, kamu dapat menjualnya. Ciri khas lainnya adalah macaron harus menggunakan kacang almond bubuk atau tepung almond.. Buku "Resep Favorit untuk Usaha: Macaron" karya TIM IDE MASAK terbitan Gramedia Pustaka Utama membagikan resep macaron warna-warni isi vanila untuk 60 keping.

Resep macaron

Bahan

  • 90 gram kacang almond (bisa pakai 100 gram tepung almond)
  • 3 putih telur ayam
  • 255 gram gula kastor
  • 1/4 sdt krim tartar
  • Pewarna makanan kuning, hijau, dan merah secukupnya

Bahan isi

  • 2 sdm krim kental
  • 100 gram cokelat putih, potong-potong
  • 1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat macaron

  1. Panaskan oven suhu 160 derajat celsius. Siapkan loyang, alasi kertas roti.
  2. Sangrai atau panggang kacang almond sampai matang. Angkat, biarkan dingin. Haluskan menggunakan grinder atau blender.
  3. Kocok putih telur sampai mengembang dan kaku. Tambahkan gula kastor secara bertahap, kocok sampai gula larut.
  4. Letakkan wadah berisi telur kocok di atas panci berisi air di atas api. Kocok sembari ditim selama 5 menit atau hasil mengilap. Angkat. Tambahkan krim tartar, kocok rata.
  5. Masukkan kacang almond halus ke dalam adonan busa putih telur. Campur dengan gerakan melipat.
  6. Bagi adonan menjadi 3. Masing-masing beri pewarna kuning, hijau, dan merah. Campur dengan gerakan melipat.
  7. Masukkan masing-masing adonan ke dalam pipping bag atau plastik tebal yang dilubangi ujungnya. Semprot adonan jadi bentuk bundar diameter 3 sentimeter ke atas loyang. Taburi gula kastor.
  8. Panggang selama 60 menit sampai macaron mengeras. Angkat dan sisihkan.
  9. Isi: masukkan krim kental ke dalam panci kecil, kerang di atas api sedang. Kecilkan api, masukkan cokelat putih. Aduk sampai adonan tercampur rata dan halus. Angkat, dinginkan. 10. Ambil 1 keping macaron, semprotkan isi vanila. Tutup dengan 1 keping macaron. Lakukan sampai macaron habis. Sajikan macaron vanila warna-warni.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Macaron Warna-warni Isi Vanila, Kue Kering dari Busa Meringue", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/05/105700575/resep-macaron-warna-warni-isi-vanila-kue-kering-dari-busa-meringue?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm