Sebanyak 6.280 vaksin sinovac tiba di Bandara Depati Amir Bangka, yang dibawa menggunakan pesawat Lion Air JT616, Selasa (5/1/2021).
Sebanyak 6.280 vaksin sinovac tiba di Bandara Depati Amir Bangka, yang dibawa menggunakan pesawat Lion Air JT616, Selasa (5/1/2021). ( Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Menunggu Arahan, 6.280 Vaksin Yang Tiba di Babel Belum Digunakan

5 Januari 2021 14:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebanyak 6.280 vaksin Sinovac yang diangkut menggunakan pesawat Lion Air JT616 tiba di Bandara Depati Amir Bangka, Selasa (5/1/2021) sekitar pukul 11.00 WIB.

Ribuan vaksin tersebut diangkut menggunakan empat kotak penyimpan ke bagian kargo untuk selanjutnya dibawa ke Kantor Dinas Kesehatan Bangka Belitung.

Melansir Bangkapos.com, puluhan polisi berseragam lengkap dari Brimob dan Shabara Polda Babel berjaga-jaga melakukan pengamanan.

Tidak ada kendala berarti saat empat kotak vaksin tersebut dimasukkan ke dalam mobil khusus logistik.

"Vaksin ini merupakan tahap pertama yang didatangkan ke Babel. Selanjutnya kita akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penggunaan untuk masyarakat," ungkap Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa.

Vaksin Covid-19 buatan Sinovac tiba di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung, pada Selasa (5/1/2021) siang.

Vaksin diangkut menggunakan dua mobil bok dari Bandara Depati Amir ke ruang pendingin yang berada di belakang kantor Dinas Kesehatan.

Vaksin yang tiba tahap pertama ini sebanyak 6.280, tersimpam dalam empat koli.

 

Vaksin juga belum bisa digunakan, karena masih menunggu informasi dari pusat terkait izin edar daruratnya, fatwa MUI-nya dan lainnya, semuanya kewenang pusat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung,drg Mulyono Susanto menuturkan, vaksin belum bisa karena masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat.

"Sementara kita letakkan disini menunggu petunjuk dari pusat. Kita belum mendistribusikan ke kabupaten/kota masih menunggu arahan pemerintah pusat,"jelas Mulyono, Selasa (5/1/2021) di kantor Dinkes Babel.

Ia menambahkan, untuk pendistribusian vaksin ke kabupaten/kota belum didistribusikan, vaksin sementara waktu akan disimpan di ruang pendingin bersuhu 2 sampai 8 derajat.

"Belum melakukan distribusi ke kabupaten/kota masih menungu arahan. Vaksin akan aman disini disini dengan penjagaan dari polisi," ungkap Mulyono.

Ia menjelaskan apabila sudah bisa digunakan, berdasarkan jadwalnya, vaksin akan digunakan serentak pada tanggal 14 sampai 15 Januari 2021 diawali dari gubernur dan forkopinda, yang akan disuntikan pertama.

Vaksin yang dikirimkan ke Provinsi Bangka Belitung, merupakan tahap pertama, selanjutnya akan dikirimkan 4.000 vaksin kembali.

"Untuk tahap selanjutnya belum ada informasi tetapi di bulan Januari ini sebanyak 4.000 vaksin, dari target 22.234 vaksin datang ke Bangka Belitung," kata Mulyono.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul 6.280 Vaksin Covid-19 Telah Tiba di Bangka Belitung, Belum Bisa Digunakan, Ini Penjelasan Kadiskes

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm