Ilustrasi minuman kunyit
Ilustrasi minuman kunyit ( Thinkstockphotos)

5 Jenis Minuman Yang Cocok Di Konsumsi Untuk Melancarkan Pencernaan

6 Januari 2021 16:46 WIB

SonoraBangka.id - Efek samping setelah makan daging berlebih dari acara barbeque adalah membuat pencernaan terasa tidak nyaman. Sebaiknya pilih minuman alami menyehatkan yang bisa kamu ramu dan buat sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa minuman yang cocok dikonsumsi setelah makan daging untuk melancarkan pencernaan:

1. Minuman teh herbal

Menyeruput teh herbal, melansir Food NDTV dapat meningkatkan pergerakan makanan melalui saluran pencernaan dan meredakan efek rasa tidak nyaman pada pencernaan. Minuman teh herbal yang bisa dipilih berasal dari teh camomile, teh sawi putih, teh hijau, atau teh herbal lain yang kamu suka.

2. Minuman mengandung peppermint

Pada dasarnya peppermint ini bekerja dalam membantu menenangkan pencernaan antara perut dan kerongkongan yang memungkinkan asam lambung bisa mengalir normal. Peppermint memiliki mentol yang dapat bantu meredakan kembung, gangguan pencernaan, dan mual jadi cocok sekali untuk dikonsumsi setelah berlebihan makan daging. Kamu bisa menyesap secangkir minuman mengandung peppermint seperti teh peppermint.

3. Minuman cuka sari apel

Menambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air, akan segera membantu pencernaan dan memulihkan mekanisme usus. Cuka sari apel mengandung probiotik sehat yang membantu memperkuat usus dan memulihkan fungsinya.

4. Minuman mengandung kunyit

Kunyit dikenal sebagai bumbu anti inflamasi juga anti bakteri dan kaya antioksidan. Semua manfaat kesehatan tersebut karena adanya senyawa kurkumin pada kunyit. Kandungan ini pula yang dapat meredakan rasa tidak nyaman pada perut yang disebabkan oleh makan daging berlebihan. Kamu cukup menambahkan sejumput kunyit ke dalam air panas dan lemon, kemudian meminumnya.

5. Minuman lemon

Raciklah lemon dengan air panas, bisa juga tambahkan madu. Ramuan minuman ini akan membantu merangsang hati untuk mendetoksifikasi tubuh. Minuman pedas dikenal bisa meredakan rasa tidak nyaman pada pencernaan dan lemon yang ditambahkan ke dalamnya bisa baik dan menambah manfaat lebih.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Minuman Bantu Lancarkan Pencernaan Setelah Makan Daging", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/01/090700075/5-minuman-bantu-lancarkan-pencernaan-setelah-makan-daging?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm