Ilustrasi
Ilustrasi ( cookpad.com/Andriani Dina)

Mudah Dan Anti Ribet, Berikut Ini Cara Membuat Perkedel Sarden

7 Januari 2021 06:02 WIB

SonoraBangka.id - Kamu bisa mencoba mengolah sarden menjadi hidangan lezat  dengan membuat perkedel sarden. Proses membuat perkedel sarden yang singkat serta cukup mudah. Perkedel sarden cocok untuk kamu yang suka masak tanpa ribet. Buku "Seri Jadi Koki Sekejap - Masak Sajian dari Kornet & Sarden dalam Waktu 30 Menit" karya Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama menjelaskan cara membuat perkedel sarden untuk 2 porsi.

Resep perkedel sarden

Bahan

  • 50 gram tepung terigu
  • 1 sdm mentega
  • 80 ml air
  • 1 kaleng kecil sarden, tiriskan dan hancurkan
  • 1 sdm irisan daun bawang
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 butir telur ayam, pisahkan putihnya

Cara membuat perkedel sarden

  1. Masak air dan mentega sampai mendidih. Masukkan tepung terigu, aduk. Masak sampai tepung terigu kalis.
  2. Masukkan sarden, daun bawang, garam, merica bubuk, dan kuning telur. Aduk rata. Ambil adonan, bentuk bulat atau sesuai selera.
  3. Panaskan minyak dalam wajan antilengket. Celupkan perkedel sarden ke dalam putih telur. Goreng sampai berwarna kekuningan dan matang. Angkat dan tiriskan. Sajikan perkedel sarden selagi hangat. Santap dengan nasi.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Perkedel Sarden, Lauk Gampang buat Sarapan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/27/081247775/resep-perkedel-sarden-lauk-gampang-buat-sarapan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm