pelabuhan
pelabuhan ( Google)

RS dan Pelabuhan Pangkalbalam Jadi Skala Prioritas Pembangunan 2021 di Pangkalpinang

7 Januari 2021 13:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Pangkalpinang Agung Yubi Utama menuturkan, pembangunan Pelabuhan Pangkalbalam dan rumah sakit jadi skala prioritas tahun 2021 di Pangkalpinang.

"Pelabuhan Pangkalbalam diprioritaskan tahun ini, rumah sakit kita RSUD Depati Hamzah akan nambah beberapa persen lagi. Kemudian jalan menuju pelabuhan, rencana pembangunan embung yang menjadi khusus ditahun ini," tutur Agung seperti dikutip dari Bangkapos.com, Kamis (7/1/2021).

Menurut Agung, lampu jalan juga sudah dianggarkan untuk dapat dipasang kembali tahun ini. Ia juga belum mengetahui apakah tahun 2021 akan ada refocusing kembali seperti tahun lalu atau tidak.

"Jadi yang sifatnya prioritas tetap kita jalankan untuk pembangunan itu. Tapi kita tidak tau tahun ini apakah akan ada refocusing atau tidak, tapi saya yakin akan ada refocusing lagi karena kita kondisi secara nasional kan kita sama masih ada Covid-19 dan vaksin," ucapnya.

Pembangunan di Kota Pangkalpinang Tetap Berlanjut

Agung mengatakan, pembangunan di Kota Pangkalpinang di tahun 2020 yang sifatnya skala prioritas masih tetap berjalan.

Meskipun menurutnya, ditahun 2020 refocusing anggaran terjadi cukup besar.

"Walaupun target Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga menurun tetapi pembangunan skla prioritas kita tetap jalan, salah satunya penanganan banjir tetap jalan, pelabuhan jalan, alhamdulillah pokoknya yang skala prioritas tetap jalan," jelasnya.

Agung menyebutkan, pembangunan yang saat ini terlihat di masyarakat lebih pada pembangunan tata kota yang dilakukan Wali Kota Pangkalpinang menggunakan 80 persenya anggaran Corporate Social Responsibility (CSR).

"Kalau pembangunan yang sifatnya citra kota seperti tata kota yang saat ini benar-benar terlihat perubahannya itu wali kota menggunakan strategi baru dengan pemanfaatan dana CSR, hampir 80 persen menggunakan dana CSR yang sifatnya untuk  mempercantik kota," terangnya.

Kata Agung, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) memang banyak di refocusing, namun pembangunan masih tetap berlanjut.

"Alhamdulillah wali kota walaupun dalam kondisi target pendapatan menurun tetapi pembangunan tetap berjalan, ada beberapa strategi wali kota yang memanfaatkan dana dari tempat lain," ungkap Agung.


Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Pelabuhan Pangkalbalam dan Rumah Sakit Jadi Skala Prioritas Pembangunan 2021 di Pangkalpinang, https://bangka.tribunnews.com/2021/01/07/pelabuhan-pangkalbalam-dan-rumah-sakit-jadi-skala-prioritas-pembangunan-2021-di-pangkalpinang.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm