Ilustrasi Ikan Kerapu
Ilustrasi Ikan Kerapu ( Shutterstock)

Berikut Ini Dua Tips Agar Tepat Memilih Ikan Yang Cocok Untuk Dibakar

9 Januari 2021 16:32 WIB

SonoraBangka.id - Ada baiknya, kamu mengetahui ikan apa saja yang cocok untuk dibakar jika kamu berencana untuk membakar ikan. Ikan dengan ukuran yang kecil, tentu tidak cocok untuk dibakar. Berikut ini tips Agar tepat memilih ikan yang cocok buat BBQ.

1. Pilih daging ikan yang berminyak

Daging ikan yang berminyak juga bisa membuat bumbu lebih cepat meresap. Dilansir dari Table Spoon, memilih ikan dengan daging yang berminyak alami lebih mudahkan dalam proses pembakaran. Selain itu, daging ikan yang berminyak membuat proses membolak-balikkan daging lebih mudah karena daging tidak lengket pada alat bakar. Daging yang berminyak juga memilik omega-3 yang cukup tinggi. Ikan yang termasuk dalam oily fish adalah kelompok ikan makarel seperti tenggiri.

2. Pilih ikan dengan kulit dan daging yang tebal

Tidak semua daging ikan seperti yang dilansir dari CNET, dapat bertahan enak saat dipanggang dengan suhu panas yang tinggi. Kulit daging ikan yang tebal bisa menjadi renyah saat dibakar nanti. Tentu akan memberikan sensasi makan yang berbeda sehingga pilihlah ikan dengan kulit yang tebal karena akan membantu mencegah daging cepat gosong. Selain itu, pilih daging ikan yang tebal. Daging ikan yang tebal mampu menahan panas api panggangan. Terlebih, daging ikan yang tebal tidak mudah hancur saat dibakar. Pilih daging ikan yang lembab dan empuk. Seperti daging ikan tuna, salmon, atau kakap merah. Selain itu, kamu juga perlu memilih jenis ikan dengan duri yang besar. Ikan yang memiliki duri halus seperti ikan bandeng atau patin bisa menyulitkanmu saat menikmatinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Ciri Ikan yang Cocok untuk Dibakar, Tidak Harus Ikan Kuwe", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/31/183200475/2-ciri-ikan-yang-cocok-untuk-dibakar-tidak-harus-ikan-kuwe.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm