Kaca mobil depan sedang hujan (Foto; Astra Peugeot)
Kaca mobil depan sedang hujan (Foto; Astra Peugeot) ( kompas.com)

Jangan Lupa, Jangan Terlalu Sering Pakai Obat Anti Jamur untuk Kaca Mobil

9 Januari 2021 19:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Menjaga Kebersihan kaca mobil merupakan salah satu aspek penting yang kerap diabaikan oleh pemilik atau pengguna kendaraan bermotor. Terlebih bila mobil terkait digunakan secara rutin.

Tapi untuk membersihkan bagian tersebut agar tetap jernih tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Satu diantaranya jangan terlalu sering pakai obat anti jamur yang ada di pasaran.

Yomin Sugianto, punggawa Yoong Motor menjelaskan penggunaan anti jamur pasaran di kaca mobil yang terlalu sering, justru bisa membuat kualitas kaca menurun, bukan sebaliknya.

"Ini bisa ditandai dengan munculnya flek pada kaca atau bintik-bintik halus putih yang sulit sekali dibersihkan. Biasanya, bisa terlihat pada malam hari atau setelah hujan," kata dia kepada Kompas.com belum lama ini.

Jadi, lanjut Yomin, pada siang hari kaca memang cenderung jernih. Namun ketika malam sudah datang, pengelihatan pengemudi jadi nampak buram.

"Peristiwa tersebut sering kali terjadi ketika sinar atau pancaran cahaya kendaraan lain menyorot ke kita. Terbilang sepele, tapi ini berbahaya," kata Yomin.

"Dampak lainnya juga, wiper jadi loncat-loncat ketika membasuh kaca. Baiknya seperti apa? Bersihkan saja menggunakan kompon untuk body mobil atau ke tempat detailing yang memang sudah khusus," ujar Yomin lagi.

Hanya saja, pengaplikasian perawatan kaca mobil menggunakan kompon mobil tidak mudah. Kaca akan menjadi sedikit berminyak dan perlu kesabaran untuk membersihkannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat, Jangan Terlalu Sering Pakai Anti Jamur untuk Kaca Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/08/182200615/ingat-jangan-terlalu-sering-pakai-anti-jamur-untuk-kaca-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm