Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran meninjau posko utama pencarian pesawat Sriwijaya Air di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Sabtu (9/1/2021) malam
Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran meninjau posko utama pencarian pesawat Sriwijaya Air di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Sabtu (9/1/2021) malam ( KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO)

Kapolda Metro : Jangan Sebar Hoaks Terkait Sriwijaya Air Hilang Kontak

10 Januari 2021 09:16 WIB

SonoraBangka.id - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengimbau masyarakat agar tidak menyebarkan berita-berita hoaks seputar peristiwa jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182.

Sebab, hingga kini foto-foto dan video penumpang Sriwijaya Air telah beredar luas di media sosial.

"Jangan menyebarkan berita-berita yang hoaks, itu akan menambahkan beban saudara-saudara kita yang menjadi korban," kata Fadil di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (9/1/2021) malam.

Fadil mengatakan, pihak kepolisian masih mengumpulkan data sekunder penumpang Sriwijaya Air.

Polisi tengah mengumpulkan foto dan video yang merekam aktivitas para penumpang pesawat tersebut sebelum lepas landas.

"Sekarang fase satu sudah kita kerjakan, mengambil manifes, passenger list, kemudian foto-foto dan kamera rekaman CCTV terkait dengan identifikasi sekunder baik dari segi pakaian dan sebagainya," kata Fadil.

Seperti diketahui, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 hilang kontak di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang pada Sabtu sekitar pukul 14.40 WIB atau 4 menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Pesawat mengangkut 62 orang, yang terdiri dari 12 kru, 40 penumpang dewasa, tujuh anak-anak, dan tiga bayi.

Pesawat Sriwijaya Air sempat keluar jalur yakni menuju arah barat laut pada pukul 14.40.

Pihak Air Traffic Controller (ATC) kemudian menanyakan pilot mengenai arah terbang pesawat. Namun, dalam hitungan detik, pesawat dilaporkan hilang kontak.

Basarnas pun kini telah mengerahkan kapal dan sea-rider menuju lokasi jatuhnya pesawat.

Selain itu, TNI AL juga telah mengirimkan kapal ke lokasi tempat jatuhnya pesawat Sriwijaya Air.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sriwijaya Air Hilang Kontak, Kapolda Metro Imbau Jangan Sebar Berita Hoaks", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2021/01/10/08462741/sriwijaya-air-hilang-kontak-kapolda-metro-imbau-jangan-sebar-berita-hoaks.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm